http://bacaberita.info/
HOME I NASIONAL I INTERNASIONAL I EKONOMI I OLAHRAGA I HIBURAN I IPTEK I INDEKS

12 Lembaga Survei Bikin Jokowi Yakin Menangkan Pilpres

Options
Jakarta, CNBC Indonesia - Calon presiden nomor urut 01 Joko Widodo (Jokowi) mengumpulkan seluruh ketua umum dan sekretaris jenderal partai anggota Koalisi Indonesia Kerja (KIK) akhir pekan lalu.

Pertemuan terjadi di Resto Plataran, Menteng, Jakarta Pusat pada Kamis (18/4/2019), tepat satu hari setelah pemilihan umum (Pemilu) serentak dilaksanakan di seluruh wilayah Indonesia.


Pasangan Jokowi - Ma'ruf Amin memang unggul dari pasangan Prabowo Subianto - Sandiaga Uno dalam pemilu presiden (pilpres) 2019 berdasarkan hasil penghitungan cepat atau quick count yang dilakukan oleh sejumlah lembaga resmi yang terdaftar di Komisi Pemilihan Umum (KPU).


Saat memberikan pernyataan di depan puluhan wartawan di Plataran, Jokowi menyebut hasil quick count dari 12 lembaga survei yang ada telah memberikan angka yang jelas.

"Tapi hari ini karena sudah hampir sampai 100%, kami menyampaikan, hasil quick count dari 12 lembaga survei, Jokowi - Kiai Haji Ma'ruf Amin mendapatkan persentase 54,5% dan Prabowo-Sandi mendapatkan 45,5%," kata Jokowi.

"Kita tahu bahwa yang namanya penghitungan quick count adalah cara penghitungan ilmiah dan dari pengalaman pengalaman pemilu yang lalu. Akurasinya 99%, hampir sama dengan perhitungan real count," tegasnya.

Bahkan, sang petahana juga mengakui telah mendapatkan ucapan selamat dari berbagai pimpinan negara sahabat, mulai dari Perdana Menteri Malaysia Mahatir Muhammad, hingga Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan.

12 Lembaga Survei Bikin Jokowi Yakin Menangkan PilpresFoto: Infigrafis/ Infografis Begini Cara Jokowi & Prabowo Respons Hasil Quick Count/ Aristya Rahadian Krisabella

"Dan juga 22 negara lainnya yang telah memberikan ucapan selamat atas berlangsungnya pesta demokrasi besar di negara kita, Pileg maupun Pilpres," jelasnya.

"Beliau juga ucapkan selamat untuk masyarakat Indonesia dan juga kepada Joko Widodo dan KH Ma'ruf Amin atas keberhasilan pemilu 17 April kemarin," katanya.

Data KPU hingga Senin (22/4/2019) pada pukul 07.00 WIB menunjukkan bahwa pasangan calon nomor urut 01 Jokowi-Ma'ruf Amin mendapat 54,75% suara, masih mengungguli pasangan calon nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno yang meraup 45,25%.

Jokowi - Ma'ruf meraup 11.569.237 suara, sementara Prabowo - Sandiaga mengantongi 9.560.943 suara.


Data tersebut berasal dari 111.201 tempat pemungutan suara (TPS) di seluruh Indonesia yang telah masuk dalam data KPU. Jumlah ini setara 13,67% dari total 813.350 TPS.

Meski demikian, data ini hanya sekadar mempercepat informasi ke publik. KPU menegaskan data yang disajikan dalam situsnya ini bukanlah hasil resmi yang ditetapkan otoritas penyelenggara pemilu.

Hasil Pemilu 2019 akan diumumkan paling lambat 35 hari berdasarkan Undang-Undang 7/2017 tentang Pemilihan Umum, yaitu pada 22 Mei mendatang.

"Kita harus tetap sabar, sabar menunggu hasil penghitung resmi dari KPU," kata Jokowi.

Saksikan pernyataan Jokowi dalam video berikut ini.

[Gambas:Video CNBC]

(prm)



Sumber: CNBCIndonesia.com
loading...