http://bacaberita.info/
HOME I NASIONAL I INTERNASIONAL I EKONOMI I OLAHRAGA I HIBURAN I IPTEK I INDEKS

17 KEK Ditarget Selesai Dibangun di Akhir 2019

Options
Jakarta - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution mengungkapkan pembentukan 17 kawasan ekonomi khusus (KEK) akan selesai pada akhir 2019. Hal itu sesuai dengan target Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2014-2019.

Darmin bilang, saat ini sudah ada 13 KEK yang sudah diresmikan per Oktober 2019, sedangkan empat sisanya masih dalam proses penetapan.

"Jadi belakangan ini cepat sekali tambahannya, sehingga yang sudah ditetapkan ada 13," kata Darmin di kantor Kemenko Perekonomian, Kamis (10/10/2019).

Sebanyak 13 KEK yang sudah diresmikan adalah KEK Sei Mangkei (Sumatera Utara), KEK Tanjung Lesung (Banten), KEK Palu (Sulawesi Tengah), KEK Bitung (Sulawesi Utara), dan KEK Morotai (Maluku Utara).

Selain itu juga KEK Maloy Batuta Trans Kalimantan (Kalimantan Timur), KEK Mandalika (Nusa Tenggara Barat), KEK Tanjung Kelayang (Kepulauan Bangka Belitung), KEK Arun Lhokseumawe (Aceh), serta KEK Galang Batang (Kepulauan Riau). Selanjutnya, KEK Sorong (Papua Barat), KEK Singhasari (Jawa Timur), dan KEK Tanjung Api-api (Sumatera Selatan).


Selain 13 KEK yang telah ditetapkan, empat KEK dalam proses untuk ditetapkan yaitu KEK Kendal (Jawa Tengah), KEK Likupang (Sulawesi Utara), KEK Nongsa (Batam), dan KEK MRO (Maintenance, Repair and Overhaul) di Batam.

Menurut Darmin keempat KEK sisanya tinggal menunggu penerbitan PP. Sehingga sampai akhir tahun akan terpenuhi sesuai target RPJMN 2014-2019. Bahkan, ke depannya akan ada tiga tambahan KEK yang akan segera diajukan.

Berdasarkan catatan Dewan Nasional KEK, tiga wilayah calon KEK baru yaitu Tanjung Gunung (Bangka Belitung), Sungailiat (Bangka Belitung) dan Mandailing Natal (Sumatera Utara).

"4 dalam proses PP keluar, sehingga jumlahnya 17, ditambah yang dalam persiapan," ungkap dia.

Simak Video "Bangun KEK Likupang, Jokowi Ingatkan Integrasi Pusat dan Daerah"
[Gambas:Video 20detik]
(hek/fdl)



Sumber: Detik.com
loading...