http://bacaberita.info/
HOME I NASIONAL I INTERNASIONAL I EKONOMI I OLAHRAGA I HIBURAN I IPTEK I INDEKS

20 Pelatih Indonesia Timba Ilmu di Spanyol

Options

INILAHCOM, Jakarta - Mendapat kesempatan mengikuti program lisensi pelatih AFC Pro, Indra Sjafri akan terbang ke Spanyol. Ia bakal menimba ilmu di salah satu klub La Liga.

23 pelatih dari Asia akan mengikuti program lisensi AFC Pro yang berlangsung selama sepuluh hari dari 19 hingga 29 Januari mendatang. Indonesia mendapat jatah 20 orang pelatih, dua lainnya dari Malaysia serta satu berasal dari Jepang.

Pelatih tersebut akan menimba ilmu di akademi sepakbola klub La Liga Spanyol, Deportivo Alaves. Selama kegiatan mereka berkesempatan melihat langsung bagaimana pembinaan berjenjang dimulai dari usia dini.

Program tersebut merupakan modul kelima dari total tujuh modul yang harus dijalani oleh para peserta lisensi. Empat modul sebelumnya sudah diselesaikan sejak dimulai pada April 2018.

"AFC Pro ini angkatan pertama di Indonesia. Mudah-mudahan kami yang 20 (pelatih asal Indonesia) bisa menyelesaikan semua modul yang dimulai dari April 2018, kami sudah menyelesaikan empat modul tinggal tiga modul. Besok kita akan berangkat ke Alaves selama sepuluh hari, mudah-mudahan modul kelima bisa diselesaikan dengan baik," kata Indra Sjafri dalam jumpa pers di Jakarta, Selasa (15/1/2019) sore WIB.

"(Kami) berangkat tanggal 19 Januari, tanggal 20 Januari sudah memuali kelas. Di sana ada bimbingan dari instruktur. Juga melihat bagaimana practice-nya, melihat pengelolaan tim dari junior hingga tim utama. Terakhir akan menyaksikan pertandingan Alaves vs Rayo Vallecano," lanjut juru taktik 55 tahun.

Ini akan menjadi kesempatan kedua Indra Sjafri menimba ilmu kepelatihan di Eropa. Sebelumnya, ia pernah berkesempatan mengunjungi Juventus. Dengan pengalaman yang dimilikinya tersebut, Indra Sjafri mendapat dispensasi diperbolehkan pulang lebih awal dari Spanyol.

Selain mengikuti lisensi kepelatihan AFC Pro, pelatih asal Sumatera Barat itu masih punya tanggung jawab mempersiapkan timnas Indonesia U-22 yang akan berlaga di Piala AFF U-22 bulan Februari mendatang.

"Kemarin saya sudah bicara dengan Mr. Bader, instruktur, karena saya sudah pernah visit ke Juventus selama 10 hari, saya dapat dispensasi di sana (Alaves) selama lima hari. Dan setelah itu tanggal 24 (Januari) malam sudah kembali ke Indonesia," ia memungkasi.



Sumber: Inilah.com
loading...