http://bacaberita.info/
HOME I NASIONAL I INTERNASIONAL I EKONOMI I OLAHRAGA I HIBURAN I IPTEK I INDEKS

7 Bagian yang Harus Kamu Cek saat Beli Ponsel Baru

Options

VIVA – Bagi pemula yang akan beli ponsel baru, bisa jadi agak bingung soal apa saja bagian yang harus dicek. Umumnya orang awam akan memeriksa kamera, apakah bagus atau tidak.

Tapi untuk lebih rinci supaya enggak salah beli ponsel, sebaiknya amati juga spesifikasi lainnya. Jangan sampai sudah habis uang banyak ternyata menyesal karena fitur-fitur ponsel baru itu kurang memenuhi kebutuhanmu. 

Berikut ini panduan bagi kamu yang akan beli ponsel baru, seperti dikutip dari laman guidingtech.

1. Prosesor
Prosesor ini penting karena berpengaruh pada kecepatan kinerja ponselmu. Apakah kamu harus membeli ponsel yang lincah? Jawabannya tergantung kebutuhan. 

Paling-paling jika aktivitasmu hanya seputar melakukan panggilan, menjalankan sedikit aplikasi, dan game standar, ponsel dengan anggaran terbatas sampai kelas menengah cukuplah buat kamu. 

2. Baterai
Alasan kamu harus memeriksa kapasitas baterai sudah jelas. Jika kamu butuh ponsel yang tahan dipakai seharian atau lebih, pilih baterai dengan kapasitas besar. Akan lebih baik lagi jika ia memiliki fitur pengisian cepat. 

Baca juga: Saat Kumpul Keluarga, Bos YouTube Sita Ponsel Anak-anaknya

3. Display atau tampilan layar
Ketajaman dan kecerahan layar diukur dengan piksel per inci (PPI). Nilai PPI yang lebih tinggi menunjukkan tampilan yang lebih hidup dan tajam. Semakin tinggi nilai PPI, semakin baik display-nya.

Lihat Juga

4. Bezel
Tren ponsel kekinian menawarkan desain yang bezel-less atau bezel tipis hingga tanpa bezel. Ini tergantung preferensi kamu juga, sih. Ponsel dengan minim bezel biasanya malah kurang nyaman digenggam. Selain itu, handphone yang berkonsep tanpa bezel juga saat ini didominasi kelas high-end yang harganya relatif mahal. 

5. Storage
Dengan aplikasi yang cukup banyak, ponsel saat ini setidaknya memiliki minimal RAM 3GB. Tapi buat yang ingin hemat dan enggak terlalu butuh banyak aplikasi, RAM 2GB juga sudah cukup. 

Baca juga: Ponsel Bekas Bisa Dimanfaatkan Lewat 4 Ide Kreatif Ini

6. Kamera
Memeriksa kualitas kamera bukan hanya soal megapiksel. Saat ini kita mudah menemui ponsel kelas bujet tapi spek kameranya cukup tinggi. Kata kunci untuk cek kamera, adalah piksel, ukuran sensor, dan apertur. 

Bukaan yang lebih lebar berarti gambar lebih cerah. Semakin kecil nilai aperture, semakin baik. Logikanya berlawanan dengan ukuran piksel - semakin besar, semakin baik.

Jadi, misalnya kamu bingung antara dua opsi ponsel dengan spesifikasi yang sama, tetapi yang satu memiliki aperture f/1.7 dan yang lainnya menawarkan f/2.0, pilih yang dengan aperture f/1.7.

7. Boks
Pastikan saat kamu unboxing, aksesori dasar seperti headphone, kabel charging, kartu garansi ada di dalamnya. Masing-masing ponsel bisa berbeda. Ada yang tak menyertakan headphone di dalamnya. 



Sumber: Viva.co.id
loading...