http://bacaberita.info/
HOME I NASIONAL I INTERNASIONAL I EKONOMI I OLAHRAGA I HIBURAN I IPTEK I INDEKS

7 Keunggulan Samsung Galaxy Note 9 yang Tidak Ada di iPhone

Options
Jakarta, CNBC Indonesia - Apple boleh saja mengeluarkan model-model terbaru untuk iPhone dengan harga selangit. Namun nyatanya, banyak konsumen yang enggan membeli gawai itu tahun ini.

Sebanyak 72% dari 480 konsumen, 47% pengguna Android dan 46% pengguna iPhone, yang disurvei oleh WalletHub di bulan Agustus mengatakan mereka tidak akan membeli iPhone baru tahun ini.


Bagi para pengguna Android, model ponsel pintar (smartphone) terbaru Samsung Galaxy Note 9 menjadi pilihan yang cukup menggiurkan ketimbang iPhone. Pasalnya, smartphone ini punya setidaknya tujuh keunggulan yang tidak bisa ditemukan di iPhone apapun.


Apa saja keunggulan tersebut? Simak ulasan yang dilansir dari CNBC Make It berikut ini.

1. Moda 'Beast' yang buat ponsel bekerja lebih cepat
Samsung Galaxy Note 9 memang bekerja dengan cepat. Smartphone ini memiliki prosesor Qualcomm 845 yang bisa melaju hingga 2,8GHz. Ponsel ini lebih cepat ketimbang iPhone X yang hanya bisa melaju sampai 2,39GHz ataupun iPhone XS Max yang kabarnya memiliki kecepatan 2,5GHz.

7 Keunggulan Samsung Galaxy Note 9 yang Tidak Ada di iPhoneFoto: Samsung Galaxy Note 9 (CNBC/Jimmy Im)
Namun, ponsel ini bisa berjalan jauh lebih cepat dan memungkinkan aplikasi serta laman situs dimuat secara instan dengan moda "beast" di Note 9.

Ponsel iPhone bisa memakan waktu beberapa detik untuk memuat aplikasi seperti Twitter. Dengan moda beast di Samsung, hanya butuh waktu satu detik untuk memuat aplikasi Facebook maupun Google Maps, dan setengah detik untuk memuat Twitter.

Untuk mengaktifkan moda beast, Anda bisa mengakses bagian Pengaturan kemudian ke bagian "Tentang ponsel". Geser sampai menemui bagian "Informasi perangkat lunak", kemudian pencet "Nomor versi" sebanyak tujuh kali untuk membuka pilihan pengembang.

Dari situ, Anda bisa geser ke bawah untuk menemukan "Skala durasi animator". Skala animasi 1x adalah pengaturan pabrik, tetapi jika Anda memilih 0,5x maka ponsel akan bekerja dengan lebih cepat.

2. Layar muka (home screen) bisa berupa video
Layar muka Samsung Galaxy Note 9 bisa diubah menggunakan sebuah video sebagai latar belakangnya alih-alih foto.

7 Keunggulan Samsung Galaxy Note 9 yang Tidak Ada di iPhoneFoto: Samsung Galaxy Note 9 (CNBC/Jimmy Im)
Untuk melakukan trik ini, Anda tidak bisa mengaturnya di Pengaturan. Anda harus pergi ke Galeri, pilih video yang ingin digunakan, kemudian pencet tiga titik di bagian kanan atas dan pilih "Atur sebagai wallpaper".

Video pilihan Anda pun akan muncul di layar muka ponsel.

3. Anda bisa pakai dua Bluetooth headphone di waktu bersamaan
Samsung memungkinkan penggunanya untuk menghubungkan Note 9 dengan dua headphone ataupun pengeras suara menggunakan Bluetooth di waktu yang sama. Dengan fitur ini, pengguna bisa menyaksikan film atau mendengarkan musik bersama tanpa harus berbagi headphone.

7 Keunggulan Samsung Galaxy Note 9 yang Tidak Ada di iPhoneFoto: Samsung Galaxy Note 9 (CNBC/Jimmy Im)
Untuk mengaktifkan fitur ini, Anda bisa pergi ke "Koneksi" kemudian pilih Bluetooth. Pencet tiga titik di pojok kanan atas, pilih "Lebih lanjut" dan carilah "Dual Audio".

Ponsel akan memindai headphone Bluetooth yang ingin Anda gunakan dan hubungkan. Note 9 juga akan memberitahu jika baterai headphone mulai melemah.

4. Layanan pengiriman pesan bisa dijadwalkan
Dengan aplikasi Pesan di gawai Galaxy, Anda bisa memberi subyek untuk pesan singkat layaknya pesan lewat surel. Anda juga bisa menulis pesan dengan tangan menggunakan S Pen dan ponsel akan otomatis mengubahnya menjadi teks.

7 Keunggulan Samsung Galaxy Note 9 yang Tidak Ada di iPhoneFoto: Samsung Galaxy Note 9 (CNBC/Jimmy Im)
Tak hanya itu, Anda juga bisa menjadwalkan pesan singkatnya dengan mengklik tombol "+" di samping kolom menulis pesan. Ketika Anda memilih "Jadwalkan pesan", ponsel akan membuka Calendar dan waktu sehingga Anda bisa mengatur waktu pengiriman dengan tepat. Setelah itu, Anda bisa mengetik pesan seperti biasa dan pencet tombol "Kirim".

Memang iPhone tidak memiliki fitur serupa, tetapi pengguna tetap bisa menjadwalkan pesan singkat menggunakan aplikasi Scheduled. Aplikasi ini memperbolehkan Anda mengirim tiga pesan terjadwal per bulan secara cuma-cuma, tetapi Anda perlu membayar US$2,99 (Rp 45.400) per bulan jika ingin mengirim pesan terjadwal dengan jumlah tak terbatas.

5. 'Moda sarung tangan' memungkinkan Anda operasikan ponsel saat kenakan sarung tangan
Mengaktifkan "moda sarung tangan" di Note 9 akan meningkatkan sensitivitas sentuhan ponsel sehingga Anda bisa mengoperasikannya meski menggunakan sarung tangan biasa.

7 Keunggulan Samsung Galaxy Note 9 yang Tidak Ada di iPhoneFoto: Samsung Galaxy Note 9 (CNBC/Jimmy Im)
Fitur ini juga bagus bagi para pengguna pelindung layar, yang menghadirkan bantasan antara jari dan sensor ponsel. Untuk diketahui, iPhone hanya memungkinkan pengguna menyesuaikan sensitivitas sentuhan untuk Touch ID.

Untuk meningkatkan sensitivitas, Anda bisa pergi ke bagian "Fitur lanjutan" di Pengaturan, kemudian carilah "Sensitivitas sentuhan".

Anda juga bisa mengatur Note 9 untuk menghindari sentuhan tidak sengaja yang terkadang menyebabkan panggilan ataupun kiriman tanpa sengaja. Ponsel itu menggunakan berbagai sensor untuk mendeteksi lokasi yang gelap seperti kantong, dompet ataupun tas guna mencegah panggilan tidak sengaja atau aplikasi terbuka tiba-tiba.

Untuk fitur ini, Anda bisa pergi ke fitur Tampilan dan klik "Blokir sentuhan tanpa sengaja".

Ada juga aplikasi bernama Touch Protector yang melindungi operasional tanpa sengaja, tetapi ini hanya bisa digunakan oleh Android.

6. Fitur Smart Lock deteksi ponsel ketika menempel dengan tubuh
Setiap smartphone kini memungkinkan Anda memodifikasi pilihan penguncian, entah dengan pengenalan wajah ataupun kode.

7 Keunggulan Samsung Galaxy Note 9 yang Tidak Ada di iPhoneFoto: Samsung Galaxy Note 9 (CNBC/Jimmy Im)
Note 9 sendiri menawarkan banyak pilihan, termasuk pola, PIN, kata sandi, kecocokan suara dan wajah, pengenalan iris mata dan sidik jari, ataupun pemindaian pintar yang mengenali wajah dan iris Anda secara bersamaan.

Dengan fitur "Smart Lock", Anda bisa memodifikasi fitur-fitur dengan mudah dan inovatif. Misalnya saja deteksi tubuh yang berarti Anda tidak perlu memasukkan kode pembuka kunci untuk menonaktifkan kuncian selama memegangnya. Anda juga mengatur ponsel untuk tetap tidak terkunci di lokasi yang bisa dipercaya, misalnya apartemen atau tempat kerja.

7. S Pen bisa untuk salin dan tempel caption Instagram
Anda bisa melakukan banyak hal dengan S Pen, seperti menulis catatan di layar atau laman situs setelah dipotret. Tulisan itu kemudian akan dikonversikan menjadi teks.

7 Keunggulan Samsung Galaxy Note 9 yang Tidak Ada di iPhoneFoto: Samsung Galaxy Note 9 (CNBC/Jimmy Im)
Terdapat juga fitur "Smart Select", di mana S Pen memungkinkan Anda mengambil teks yang sebelumnya tidak bisa disalin atau ditempel. Misalnya saja, caption Instagram di suatu postingan dan "mengekstrak" mereka. Pena ini menyalin teks yang Anda pilih, sehingga Anda bisa menyalin ataupun membagikannya. (prm)

Sumber: CNBCIndonesia.com
loading...