http://bacaberita.info/
HOME I NASIONAL I INTERNASIONAL I EKONOMI I OLAHRAGA I HIBURAN I IPTEK I INDEKS

Acchedya Jagaddhita Gagal Tes Doping, Pintu Olimpiade Tokyo Tertutup

Options

JAKARTA – Lifter putri Acchedya Jagaddhita harus mengubur impian berlaga di Olimpiade Tokyo 2020. Ia dinyatakan gagal dalam tes doping oleh International World Federation (IWF).

Keputusan tersebut secara resmi diumumkan IWF pada 28 Februari lalu setelah menemukan zat terlarang dalam sampel A milik Acchedya saat tampil di EGAT’s Cup Internasional Weightlifiting Championship pada 7-10 Februari 2019.

“Konsekuensinya, atlet yang bersangkutan ditangguhkan untuk sementara waktu karena potensi pelanggaran aturan antidoping. Dalam setiap kasus di mana ditentukan bahwa olahragawan tidak melakukan pelanggaran aturan anti-doping, keputusan yang relevan juga akan dipublikasikan. IWF tidak akan memberikan komentar lebih lanjut tentang kasus ini hingga kasus ditutup,” bunyi pernyataan dalam laman resmi IWF.

Wakil Ketua Umum Pengurus Besar Persatuan Angkat Berat, Binaraga, dan Angkat Besi Seluruh Indonesia (PB PABBSI) Joko Pramono, terpukul dengan situasi itu. Peristiwa ini pun dijadikan pelajaran, sekaligus cobaan dan akan terus membenahi, terutama dalam hal pengawasan.

“Terlepas dari segala hal pertama kami sudah kena. Yang kedua bagaimana pengawasannya diperketat. Dokter sudah ada tapi ditingkatkan lagi peran mereka,” ungkapnya.

IWF sendiri saat ini tengah meningkatkan kualitas federasinya agar angkat besi tidak dicoret dari Olimpiade karena banyak lifter yang tersangkut doping. Sebelum Acchedya, delapan lifter Thailand positif doping. Untuk itu, IWF berupaya meningkatkan diri dengan salah satunya ikut memerangi penggunaan doping pada atlet. Selain itu, IWF juga bekerjasama dengan labolatorium di Jerman untuk memeriksa sampel para atlet angkat besi di setiap event.

“Yang jelas Olimpiade (Acchedya) sudah tak bisa ikut. Dia finish,” tegas Joko.

Terakhir, Acchedya Jagaddhita sempat turun di ajang Kejuaraan Dunia Angkat Besi 2019 yang berlangsung di Fuzhou, Tiongkok pada 22-27 Februari lalu. Ajang itu sendiri merupakan bagian dari usaha para lifter untuk mengumpulkan poin demi lolos ke Olimpiade 2020. Selain Acchedya, juga terdapat beberapa nama lifter lain yang tampil di ajang tersebut, yakni Eko Yuli Irawan, Deni, Surahmat, Triyatno, Syarah Anggraini, dan Nurul Akmal. (junius/yp)



Sumber: Poskotanews.com
loading...