http://bacaberita.info/
HOME I NASIONAL I INTERNASIONAL I EKONOMI I OLAHRAGA I HIBURAN I IPTEK I INDEKS

Aplikasi Pembaruan Samsung Palsu Tipu 10 Juta Pengguna Android

Options

loading...

SEOUL - Peneliti keamanan siber di CSIS Security Group telah melaporkan ke Google tentang gift atau hadiah malware di Play Store. Gift ini menyamar sebagai aplikasi unduhan untuk smartphone Samsung, tapi kenyataannya mencuri uang dari para pengguna.

Sejauh ini aplikasi sudah diunduh oleh 10 juta lebih pengguna. Memakai nama Pembaruan untuk Samsung, ternyata pengguna bukannya meng-instal pembaruan, melainkan mengarahkan mereka ke sebuah "peternakan" iklan. Selain menawarkan iklan banner yang meminta pembayaran untuk memungkinkan pengunduhan.

Saat ini aplikasi tersebut masih ada di Play Store dan meminta biaya berlangganan tahunan hingga USD34,99 untuk mengunduh firmware. Sangat disayangkan pembayaran tidak dilakukan melalui sirkuit Google yang dilindungi, tapi dengan memberikan nomor kartu kredit dengan semua risiko keamanannya.

Baca Juga:

Laman TechLapse melaporkan, layanan membuka kunci SIM juga ditawarkan dengan biaya USD19,99. Anda pun disarankan menjauh dari aplikasi dan solusi serupa, karena ini adalah malware yang dirancang hanya untuk mencuri uang dari pengguna yang paling tidak berpengalaman.

Google memperketat dengan lebih banyak kontrol pada aplikasi yang dimuat di Play Store. Namun kenyataannya masih seperti ini.

()



Sumber: Sindonews.com
loading...