http://bacaberita.info/
HOME I NASIONAL I INTERNASIONAL I EKONOMI I OLAHRAGA I HIBURAN I IPTEK I INDEKS

Asian Peace Cup 2019, Usung Korea Bersatu

Options

JAKARTA – Lewat olahraga, sebuah persatuan bisa terwujud, meski di antara kedua negera yang tidak pernah ‘akur’, seperti Korea. Hal itu bisa terlihat bagaimana negara yang terpisah menjadi Utara (Korut) dan Selatan (Korsel itu bisa bersatu dalam sebuah kompetisi bola voli bertajuk ‘Asian Peace Cup’ 2019 di GOR Simprug Pertamina Jakarta.

Hadirnya para atlet bola voli dari Korut dan Korsel dalam satu kompetisi itu, jelas menjadi pemandangan yang sangat jarang. Oleh karena itu, kompetisi yang diprakasai oleh KONI Pusat itu mendapat apresiasi dari MR Bae Eung Sik, selaku Staf Khusus KONI Pusat di sela-sela pertandingan.

Menurutnya, sambutan masyarakat kedua negara juga sangat luar biasa. Ini memang sudah menjadi impian lama mereka untuk menuju Korea bersatu. “Tadi Pak Menpora Imam Nahrawi pun datang menyaksikan pertandingan, beliau juga mengapreasi,” tandasnya.

MR Bae juga menyampaikan terima kasih setinggi-tingginya kepada KONI Pusat yang telah memediasi kegiatan yang sangat strategis ini. “Terima kasih saya sampaikan kepada KONI Pusat dan pemerintah Indonesia yang memediasi kegiatan ini. Sungguh bagi kami ini kegiatan yang amat strategis menuju upaya perdamaian satu Korea,” kata pria yang punya hubungan baik dengan Ketua Umum KONI Pusat Tono Suratman itu.

Asian Peace Cup KONI ini juga disiarkan langsungdi Korut dan Korsel sehingga masyarakat kedua negara itu bisa menyaksikan dari media televisi. Pemberitaan di media lain pun dilaporkan kepada pemerintah kedua negara.

MR Bae berharap ke depannya ajang seperti ini juga bisa dilakukan cabang olahraga lainnya, seperti taekwondo, judo, yongmodo, dan panahan. Asian Peace Cup KONI ini berlangsung sejak Minggu (23/6/2019) dan berakhir Selasa (25/6/2019) ini.

Ajang ini diikuti oleh tim putra dan tim putri dari empat negara. Selain Korut dan Korsel, kompetisi ini juga diikuti oleh Vietnam dan tuan rumah Indonesia. Keempat negara mengirim tim putra-putri. Bagi Indonesia dan Vietnam, kompetisi ini sendiri dimanfaatkan sebagai ajang uji coba jelang SEA Games 2019 di Manila, Filipina. (junius/ys)



Sumber: Poskotanews.com
loading...