http://bacaberita.info/
HOME I NASIONAL I INTERNASIONAL I EKONOMI I OLAHRAGA I HIBURAN I IPTEK I INDEKS

Avanza Lawas Diganti Lampu Model Baru, Untung atau Buntung?

Options

VIVA – Model baru Toyota Avanza hadir dengan ubahan mencolok di bagian depan. Salah satu yang membuat tampilannya berbeda dari model terdahulu ada di bagian lampu depan yang kini berdesain pipih dan bertumpuk.

Desain lampu ini memang diklaim membuat tampilan mobil sejuta umat ini lebih mewah. Sebab, dalam jajaran produk mobil keluarga merek Toyota, lampu bertumpuk ini sebelumnya hanya disematkan di beberapa model mewah seperti Vellfire dan Voxy.

Model lampu yang baru itu ternyata sempat menggoda beberapa pemilik Avanza lama untuk mengubahnya. Hal tersebut diungkapkan oleh pemilik bengkel spesialis lampu mobil Yoong Motor, Yomin Sugianto. Dia mengatakan, banyak pemilik Avanza model lawas ingin meng-upgrade tampilan kendaraannya.

"Udah banyak banget sih yang tanya custom lampu Avanza baru. Dulu yang minta Avanza lamanya dimodif kayak Rush, tapi begitu ada yang baru konsumen banyak tanya, 'sudah ada copotannya belum'. Saya bilang belum ada," kata pria yang akrab disapa Yoong di Jakarta.

Menurut Dia, untuk mengganti lampu Avanza lama dengan model saat ini, konsumen memang harus melakukan perombakan yang tak sedikit. Tak sekedar hanya ganti lampu. Selain itu, harus dicari tahu dulu wiring diagram untuk Avanza baru sebelum melakukan 'operasi plastik' mengganti lampu

Lihat Juga

Menurut pemilik bengkel yang bermarkas di Surabaya tersebut, wajah depan Avanza benar-benar berubah dan tidak pas jika menggunakan bumper, grille, serta fender dari model lawasnya.

"Pasti harus beli lampu model barunya itu, lalu ubah fender, grille, bumper, kalau untuk kap mesin kayanya sama tapi juga belum pasti. Tapi kayanya belum ada sparepartsnya ya kalau mau facelift sendiri," katanya.

Saat didesak untuk memberikan perkiraan biaya yang bakal dihabiskan untuk memasang lampu model baru di model lawasnya, Yoong mengaku tak tahu pastinya. “Saya belum tahu biaya pastinya karena partsnya juga belum ready. Paling baru tahu untuk biaya jasa pemasangan lampu yang mulai Rp500 ribu.

Masih menurut Yoong, karena pengerjaan yang ribet dan harus mengganti beberapa parts, ia lebih menyarankan untuk membeli Avanza model terbaru. Karena biasa saja keputusan mengganti lampu utama dari model lawas ke model baru justru memakaan banyak biaya.



Sumber: Viva.co.id
loading...