http://bacaberita.info/
HOME I NASIONAL I INTERNASIONAL I EKONOMI I OLAHRAGA I HIBURAN I IPTEK I INDEKS

Bandara Kulonprogo Jadi Pintu Masuk Turis Asing

Options

KULONPROGO - Menteri Koordinator (Menko) Perekonomian Darmin Nasutian mengatakan bandara baru Yogyakarta (New Yogyakarta International Airpot/NYIA) akan dioperasionalkan pada bulan April nanti. Bandara ini akan menjadi pintu masuk wisatawan untuk datang ke Yogyakarta.

"Targetnya bulan April bandara ini sudah operasional," jelas Darmin, disela melakukan kunjungan dalam rangka melihat progress pembangunan NYIA di Kabupaten Kulonprogo, DIY pada Sabtu (18/1/2019) sore tadi.

BERITA TERKAIT +

Meski baru sekitar 30%, namun Darmin mengaku senang melihat progress pembangunan. Apalagi PT Angkasa Pura dan PT Pembangunan Perumahan (PP) yang melaksanakan pekerjaan yakin pada bulan April sudah bisa dimanfaatkan untuk penerbangan international.

Selama ini, penerbangan Internasional yang ada di Bandara Adisutjipto, Yogyakarta hanya ada dua rute. Yakni dari Singapura dan Malaysia. Namun dengan selesainya pembangunan bandara baru diharapkan akan mampu menjadi pintu masuk wisatawan dari China, Korea dan dari Asia tengah lainnya.

"Disini bisa didarati pesawat berbadan lebar. Harapan dari China bisa masuk," terangnya.

Selama ini turis asing akan datang ke Indonesia melalui Jakarta dan Bali. Namun dengan adanya bandara NYIA, turis bisa langsung terbang untuk melakukan wisata di DIY maupun di Jawa Tengah. Dimana DIY merupakan salah satu daerah wisata yang banyak dikunjungi wisatawan.

Project Manager Pembangunan bandara NYIA, Tauchid Hadi Purnomo mengatakan saat ini pembangunan taxi way pararel sudah dimulai. Diharapkan dalam waktu satu bulan akan kelar dan sudah bisa dipakai. Proses pembangunan juga difokuskan pada pembangunan runway.

"Target kita pada akhir bulan sudah bisa dilakukan pengaspalan," terang Tauchid.

Proses pengaspalan sendiri akan diharapkan kelar pada bulan Februari mendatang. Sehingga tanpa menunggu proses sudah bisa dimanfaatkan. tinggal proses verifikasi pada pertengahan Maret agar target April bisa beroperasi.

(rhs)



Sumber: okezone.com
loading...