http://bacaberita.info/
HOME I NASIONAL I INTERNASIONAL I EKONOMI I OLAHRAGA I HIBURAN I IPTEK I INDEKS

Berbelanja di Supermarket Ini Anda akan Dilayani Robot!

Options
Jakarta, CNBC Indonesia - Sebuah supermarket yang canggih di Pasir Panjang Singapura membawa fiksi ilmiah menjadi kenyataan. Tidak ada kasir dan terlihat robot mengemas belanjaan pelanggan.

Online marketplace retail honestbee adalah pembuat toko canggih bernama 'habitat' yang dibuka untuk umum pada Kamis (18/10/2018). Habitat mengklaim telah menggunakan sistem check-out otomatis tanpa uang tunai pertama di dunia.

Mencakup 60.000 sq ft (5.57418 meter), habitat oleh honestbee adalah supermarket yang penuh dengan lebih dari 20.000 barang Asia dan global, bahan-bahan dan kebutuhan pokok yang dapat dibeli secara online dan offline.


Sejalan dengan visi futuristiknya, habitat tidak menerima uang tunai. Pembayaran dilakukan melalui beePay, sistem pembayaran elektronik milik mereka sendiri, seperti dikutip dari Business Insider, Jumat (19/10/2018)

Sebelum konsumen dapat melakukan transaksi di toko habitat, mereka diminta untuk mengisi uang di dalam dompet elektronik mereka.

[Gambas:Video CNBC]
Proses belanja yang sebenarnya adalah campuran metode konvensional dan modern. Pelanggan berjalan di lorong dan memilih pilihan dari rak seperti supermarket lainnya. Kemudian, mereka memindai barcode barang-barang yang mereka inginkan dan menekan bayar.

Metode 'Scan & Go' ini hanya berlaku untuk konsumen yang membeli maksimal 10 barang.

Untuk lebih dari 10 barang, pembeli harus menurunkan troli mereka pada apa yang dikatakan oleh honestbee sebagai AutoCheckout pertama di dunia.

Para pembeli dapat memarkir troli mereka di depan pintu-pintu besi, memindai Kode Respons Cepat di ponsel mereka dan kemudian menunggu untuk mendengar 'suara' saat troli mereka melaju keluar.

Mereka mungkin tidak perlu antri tetapi masih ada waktu menunggu yang singkat karena barang belanjaan diangkut ke gudang di belakang layar, di mana sistem sabuk konveyor mengambilnya dan robot mengemasnya ke dalam tas.

Ketika tas belanjaan siap, pemberitahuan dikirim ke pembeli melalui aplikasi honestbee.

Pembeli kemudian dapat menuju ke area Robocollect. Setelah pembeli memindai lintasan mereka, lalu robot habitat meluncur ke posisi dan menunggu untuk mengambil tas mereka.

Toko ini juga melayani pembelian fisik, karena honestbee membuat habitat untuk mempercepat fasilitas pesanan online.

Pesanan dapat dilihat prosesnya saat sedang dipindahkan di sekitar sabuk konveyor di atas di toko.

Namun, robot belum bisa melakukan semuanya. Staf honestbee juga ikut menyusun pesanan online sebelum mengirimnya ke ban berjalan.

Selain supermarket, habitat memiliki fitur restoran "in-house" serta bar yang menawarkan jus buah dan minuman beralkohol. Bahkan ada tempat untuk membaca.

Dalam rangka menambah sentuhan manusia, habitat memiliki staf pramutamu yang mengelola sebagian besar fasilitas ini. Mereka juga menjalankan bengkel makanan, membuat kelas aktivitas dan memberikan pelanggan pengalaman langsung dengan produk.

[Gambas:Video CNBC] (roy)



Sumber: CNBCIndonesia.com
loading...