http://bacaberita.info/
HOME I NASIONAL I INTERNASIONAL I EKONOMI I OLAHRAGA I HIBURAN I IPTEK I INDEKS

Berkat Jokowi-Prabowo, Pedagang Ini Kantongi Miliaran Setahun

Options
Jakarta, CNBC Indonesia - Beragam karakter yang dijadikan action figure memiliki daya tarik tersendiri. Action figure sendiri sejatinya adalah mainan. 

Namun, meski dianggap mainan ternyata bisnis action figure ini bisa mendulang rezeki yang potensial. Seperti yang diungkapkan oleh Michael Chen dari Simbiosix Studios. Menurutnya action figure ini bisa menjadi ide bisnis bila ditekuni dengan baik.


Telah berjalan selama 3 tahun, Michael mengaku awalnya hanya membuat karakter-karakter yang diambil biasanya dari tokoh-tokoh film, komik dan video game.


"Bisnis saya ini sudah berjalan selama 3 tahun dan kenapa tertarik di bidang ini karena dari hobi awalnya. Selain itu, biasanya figure-figure ini memiliki nilai jual yang cukup tinggi dan terus mengalami kenaikan," ujar Michael kepada CNBC Indonesia.

Dia menuturkan bahwa rata-rata pelanggannya adalah para kolektor action figure. Dimana mereka harus melakukan sistem Pre Order (PO) terlebih dahulu minimal 1 item.

Berkat Jokowi-Prabowo, Pedagang Ini Kantongi Miliaran SetahunFoto: Mainan Action Figure (Ist/Simbiosix Studios)

Marvel Legends merupakan mainan action figure yang biasa dibuat berskala ukuran 6 inci. Ukuran dalam sebuah action figure merupakan hal penting menurutnya karena jawabannya untuk modifikasi setiap karakter action figure.

Tidak hanya karakter dari kartun saja, dalam beberapa bulan terakhir, Michael juga membuat dan menerima karakter dari lokal figure. 

Biasanya yang dibuat adalah para politikus, seperti Gus Dur, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok), Joko Widodo dan Probowo Subianto. Karakter politikus tersebut ternyata banyak diminati masyarakat.

Berkat Jokowi-Prabowo, Pedagang Ini Kantongi Miliaran SetahunFoto: Mainan Action Figure (Ist/Simbiosix Studios)

Siapa sangka setiap bulannya, Michael bisa menerima pesanan sedikitnya 50-150 item. Dan untuk produk yang siap jual sekitar 20 item dan dijual terbatas

"Untuk pre order biasanya dalam 3 bulan, kurang lebih 50-150 item kita terima nya dan minimal 1 pcs. Untuk yang produk ready sebulan kira-kira 20 pcs dan limited," kata dia.

Tak mau asal, Michael pun melakukan riset terlebih dahulu sebelum membuat action figure. Sementara untuk harga dia membanderol sesuai dengan ukuran, karakter dan detail yang dimiliki. 

Berkat Jokowi-Prabowo, Pedagang Ini Kantongi Miliaran SetahunFoto: Mainan Action Figure (Ist/Simbiosix Studios)

Harga yang ditawarkan pun beragam mulai dari Rp 350 ribu hingga Rp 3,5 juta. Siapa sangak omzet senilai Rp 500 juta bisa ia kantongi pertahunnya.

"Untuk omzet sekitar Rp 500 juta kurang lebih. Dan kami menjual dari Rp 350 ribu hingga Rp 3,5 juta," ungkap nya.

Berbicara kesulitan, ia mengaku tergantung tingkat kesulitan hingga ukuran dari diorama itu sendiri. Diluar dari itu adalah proses kerja yang cukup lama karena masih manual dan memakan waktu sekitar 3 bulan.

(gus/gus)



Sumber: CNBCIndonesia.com
loading...