http://bacaberita.info/
HOME I NASIONAL I INTERNASIONAL I EKONOMI I OLAHRAGA I HIBURAN I IPTEK I INDEKS

Berturut-Turut Denpasar Berhasil Raih Anugerah Pandu Negeri

Options
Berturut-Turut Denpasar Berhasil Raih Anugerah Pandu Negeri - JPNN.COM

jpnn.com, JAKARTA - Pemkot Denpasar kembali berhasil menjadi pemerintah daerah terbaik di Indonesia. Sebagai daerah satu-satunya di Bali, Denpasar berturut-turut meraih penghargaan Anugerah Pandu Negeri kategori terbaik tata kelola pemerintahan.

Sebelumnya pada 2017, Kota Denpasar juga dinobatkan sebagai pemerintah daerah dengan kinerja dan tata kelola sangat baik. Penganugrahan tahun ini diserahkan Ketua Dewan Penasehat IIPG,  Boediono, Jumat malam (26/10), yang diterima Sekda Kota Denpasar, A.AN Rai Iswara mewakili Walikota Denpasar di Grand Sahid Hotel Jakarta Pusat.

Acara Anugerah Pandu Negeri yang kedua tahun ini diselenggarakan oleh IIPG (Indonesian Institute for Public Governance) dengan mengangkat tema “Membangun Tata Kelola dan Budaya Pemerintahan Daerah yang Bersih”.

Ajang pemberian penghargaan tahunan ini untuk pemerintah provinsi, kabupaten dan kota terbaik, serta pemimpin inovatif yang telah berhasil melakukan terobosan dalam peningkatan pertumbuhan sosio-ekonomi melalui reformasi tata kelola yang amanah.

Ketua IIPG, Sigit Pramono mengatakan, Anugerah Pandu Negeri merupakan ajang pemberian penghargaan tahunan untuk pemerintah provinsi, kabupaten dan kota di Indonesia yang memiliki kinerja dan tata kelola terbaik, serta pemimpin inovatif yang berhasil melakukan terobosan dalam peningkatan pertumbuhan sosio-ekonomi melalui reformasi tata kelola.

Menurut Sigit, penilaian dilakukan terhadap 548 Pemerintah Daerah yang terdiri dari 34 provinsi, 416 kabupaten, dan 98 kota dan kota administrasi, dengan kriteria Aspek Performance, yang meliputi Pertumbuhan Ekonomi, Pengembangan Manusia, dan Breakthrough Result (Transformative and Innovative). Disamping itu juga ada Aspek Governance yang meliputi Tata Kelola Keuangan, Tata Kelola Pemerintahan, serta Anti Korupsi.

Sementara Rai Iswara mengatakan, penghargaan ini menjadi prestasi kesekian kalinya yang diraih Pemkot Denpasar dalam bidang tata kelola pemerintahan.

Penghargaan ini juga menjadi cambuk bagi Pemkot Denpasar dalam melakukan pembenahan-pembenahan menjaga pemerintahan yang bersih dengan tata kelola pemerintahan, yang baik sesuai harapan masyarakat dan juga Walikota I.B Rai Dharmawijaya Mantra serta Wakil Walikota I GN Jaya Negara.

Berita Terkait



Sumber: JPNN.com
loading...