http://bacaberita.info/
HOME I NASIONAL I INTERNASIONAL I EKONOMI I OLAHRAGA I HIBURAN I IPTEK I INDEKS

Blokir Wikipedia, China Mau Bikin Ensiklopedia Sendiri?

Options
Jakarta, CNBC Indonesia - China dikenal sebagai salah satu negara yang menerapkan sensor terhadap internet dengan ketat. Terbaru pemerintah China memblokir Wikipedia.

Dengan pemblokiran ini, masyarakat di China tidak bisa lagi mengakses halaman Wikipedia dalam semua bahasa di seluruh negeri. Masyarakat yang mengakses Wikipedia akan menemukan laman tersebut error.

CNet melaporkan, beberapa laporan mengkonfirmasi China memblokir Wikipedia di semua URL pada akhir April 2019. China menggunakan DNS untuk mencegah warganya mengakses ensiklopedia online ini, menurut laporan dari Open Observatory of Network Interference pada 4 Mei 2019, seperti dikutip Selasa (14/5/2019).


Domain Name Server (DNS) merupakan server yang digunakan untuk mengetahui IP address suatu host lewat host name-nya. Dalam dunia internet, komputer berkomunikasi satu sama lain dengan mengenali IP address.


Sejauh ini, tidak ada penjelasan mengapa China memblokir Wikipedia. Pada Mei 2017, negara itu mengajukan rencana untuk membuat ensiklopedia online sendiri dengan melibatkan lebih dari 300.000 artikel dari 20.000 sarjana.

China bukan negara pertama yang melakukan pemblokiran terhadap Wikipedia. Turki memblokir Wikipedia sejak April 2017. Beberapa negara lain, seperti Rusia, Arab Saudi dan Venezuela, memblokir situs ini untuk jangka waktu tertentu.

Wikipedia dan Kedutaan Besar China tidak segera menanggapi permintaan komentar dari CNet.

(roy/roy)



Sumber: CNBCIndonesia.com
loading...