http://bacaberita.info/
HOME I NASIONAL I INTERNASIONAL I EKONOMI I OLAHRAGA I HIBURAN I IPTEK I INDEKS

Di Balik Terjualnya 'Surat Tuhan' Einstein Senilai Rp 41 M

Options
Jakarta, CNBC Indonesia- Ilmuwan fisika Albert Einstein tidak hanya sekedar berpikir tentang dari teori relativitas atau gelombang gravitasi saja. Peraih penghargaan Nobel dalam Fisika  pada tahun 1921 ini bahkan menulis sebuah surat yang ditulisnya pada tahun 1954.

Dalam surat itu, ia mendiskusikan pemikirannya yang paling dalam tentang Tuhan dan agama. Surat tersebut akhirnya dijual seharga US$ 2.892.500 (Rp 41 miliar).


Sebelumnya surat itu diperkirakan hanya akan terjual antara US$ 1 juta- US$ 1,5 juta (Rp 21 miliar). Ini tentunya melampaui ekspektasi lelang hari Selasa di Christie's di New York. 

"Surat pribadi yang sangat jujur itu ditulis satu tahun sebelum kematian Einstein dan tetap merupakan ungkapan yang sepenuhnya diartikulasikan dari pandangan religius dan filosofisnya," menurut pernyataan tentang surat itu di situs Christie.

Sementara, Einstein tidak dikenal luas karena pembahasannya tentang agama. Einsten yang kala itu berusia 75 tahun  tergerak untuk menulis apa yang disebut Christie sebagai sebuah surat langsung dan jujur setelah Einstein membaca sebuah buku dari filsuf Yahudi, Eric Gutkind. Buku Gutkind "Choose Life: The Biblical Call to Revolt" telah mengumpulkan sedikit pengikut pada saat itu.

Meskipun ia diidentifikasi sebagai orang Yahudi, Einstein tidak setuju dengan Gutkind tentang peran Tuhan dalam kehidupan individu dan kehendak bebas seseorang. Dalam surat itu, Einstein mengeluh bahwa buku Gutkind ditulis dalam bahasa yang tidak bisa dia akses.

Di Balik Terjualnya 'Surat Tuhan' Einstein Senilai Rp 41 MFoto: Reuters via The Star

"Kata Tuhan bagi saya tidak lebih dari ekspresi dan produk kelemahan manusia, Alkitab kumpulan legenda yang terhormat tapi masih primitif. Tidak ada interpretasi, tidak peduli seberapa halus, dapat (bagi saya) mengubah apa pun tentang ini," ujar Einsten dalam surat tersebut.

Setelah dipublikasikan, God Letter menjadi satu-satunya surat Einstein yang paling terkenal tentang masalah Tuhan, identitas Yahudinya dan pencarian manusia abadi untuk makna, menurut Christie's. 

Surat itu sebelumnya dijual seharga US$ 404.000  (Rp 5,8 miliar) ketika muncul di tahun 2008 dan sekali lagi dilelang di eBay dengan harga mulai dari US$ 3 juta (Rp 43 miliar) pada tahun 2012 (meskipun tampaknya belum terjual pada waktu itu). Ini juga hanya salah satu dari beberapa artefak Einstein yang telah terjual selama setahun terakhir.

Terlepas dari kritik Einstein terhadap pendekatan religius dan filosofis Gutkind, ia mencatat dua pandangan umum yang sama ketika menjelaskan apa yang orang perjuangkan dalam hidup. Diantaranya seperti hidup ideal yang melampaui kepentingan diri sendiri dan pelepasan dari keinginan yang berorientasi ego.

Pada akhirnya, Einstein mengatakan dia akan mampu mengesampingkan perbedaannya, mencerminkan sifat rasional ilmuwan, yang banyak dan harus dihormati.

"Apa yang membedakan kita hanyalah ruang intelektual," tulisnya. (gus)



Sumber: CNBCIndonesia.com
loading...