http://bacaberita.info/
HOME I NASIONAL I INTERNASIONAL I EKONOMI I OLAHRAGA I HIBURAN I IPTEK I INDEKS

Dude Harlino beri pengertian anak soal shalat saat pandemi

Options

Pertanyaan yang terbesarnya, dia cuma tanya sebelum wabah ini biasanya kalau shalat fardhu di masjid..

Jakarta (ANTARA) - Dude Harlino harus memberi pengertian kepada anak pertamanya yang berusia 5 tahun, Muhammad Dirgantara Ariendra Harlino, untuk tidak shalat di masjid selama pandemi virus corona.

Dude selalu mengajak anaknya untuk menjalankan shalat fardhu di masjid dekat rumah. Namun selama pandemi, ia melarang sang anak dan mengajarkan untuk beribadah di rumah saja.

"Pertanyaan yang terbesarnya, dia cuma tanya sebelum wabah ini biasanya kalau shalat fardhu di masjid, sekarang dia nanya kalau udah ada adzan, 'Ayah ayo kita ke masjid', saya bilang, 'Abang kita sebaiknya di rumah dulu'. Dia tanya kenapa, saya bilang lagi di rumah aja, tetap jamaah tapi di rumah aja," jelas Dude kepada Antara, Jumat.

Baca juga: Dude tidak kurangi jam kerja selama Ramadhan

Baca juga: Dude Harlino prihatin lihat anak pengungsi Rohingya

"Tapi tiap adzan dia selalu ngajak ke masjid karena udah terbiasa. Kalau enggak ke masjid dia merasa aneh. Kalau shalat Ied kan setahun dua kali, jadi dia belum terlalu sadar," lanjutnya.

Baik Dude ataupun Alyssa Soebandono selalu memberi penjelasan tentang virus corona yang sesuai dengan daya tangkap anak umur 5 tahun. Menurutnya hal tersebut gampang-gampang susah dan harus setiap saat diingatkan.

"Sekarang kita coba kasih tahu sesuai daya tangkap dia aja. Karena yang gede kan udah umur 5 tahun jadi dia sudah bisa kita ajak ngobrol. Kita bilang saat ini sedang ada wabah, kalau kita keluar nanti bisa berisiko jadi kita di rumah dulu aja ya biar sehat, berdoa bersama-sama," kata pemain sinetron "Samudra Cinta" itu.

Sementara itu, agar anak tidak bosan di rumah, Dude dan Alyssa berusaha untuk membuat kegiatan bersama seperti main basket ataupun bersepeda di dalam rumah.

"Saya sama istri coba cari cara supaya dia enggak bosen, kita bikin aktivitas yang seru di rumah kayak main sepeda biasanya kan mereka di luar, sekarang di dalam rumah, akhirnya ya udah saya biarin aja mereka main sepeda di rumah dan saya juga ambil sepeda, ikut-ikutan mereka, lari-lari, main basket pokoknya menyiasati supaya dia enggak bosen dan variatif," ujar Dude.

Baca juga: Dude Herlino: Artis juga peduli kemanusiaan

Baca juga: Dude Herlino ingatkan pentingnya peran ayah bagi bayi

Baca juga: Dude Herlino tularkan ilmu sukses berwirausaha

Pewarta: Maria Cicilia
Editor: Suryanto
COPYRIGHT © ANTARA 2020



Sumber: Antaranews.com
loading...