http://bacaberita.info/
HOME I NASIONAL I INTERNASIONAL I EKONOMI I OLAHRAGA I HIBURAN I IPTEK I INDEKS

Fahri: Debat Pilpres Harus Ungkap Siapa Sebenarnya Jokowi Dan Prabowo

Options

RMOL. Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah ingin penyelenggaraan debat kedua Pilpres 2019 tidak mengulangi kesalahan yang terjadi di debat bulan lalu. Sebab, debat itu terkesan monoton dan penuh kepalsuan.  


“Karena semua sudah dibocorkan. Soal dibocorkan, jawaban kemudian disusun dengan alternatif yang ada oleh staf calon masing-masing. Sehingga tidak bisa dihindari dalam sidang atau debat, para pendebat itu (capres dan cawapres) akhirnya melihat dan menggunakan contekan,” katanya kepada wartawan Sabtu (16/2).

Pihaknya pun mengusulkan untuk debat ke dua tidak ada lagi podiumnya, dan kandidat  berdebat secara terbuka dengan tidak membawa teks. Setiap pernyataan mereka bisa dikonfrontir dan saling mengkonfrontasi.

“Sehingga rakyat akan mengetahui, siapa sebenarnya yang mempunyai ide dan pikiran dalam debat, dan siapa yang sebenarnya sangat tergantung pada contekan dan tulisan para stafnya,” ujar politisi dari PKS itu.

Sebab, menurut Fahri, bangsa ini memerlukan capres yang independen, yang punya pikiran sendiri, bukan pemikiran dari staf kandidat atau contekan.

“Karena itu, debat besok harus mengungkap siapa mereka sebenarnya,” pungkasnya.

Debat capres kedua besok mengangkat tema energi dan pangan, sumber daya alam dan lingkungan hidup, serta infrastruktur. Debat kali ini akan dipandu moderator Tommy Tjokro dan Anisha Dasuki. [ian]



Sumber: Rakyat Merdeka
loading...