http://bacaberita.info/
HOME I NASIONAL I INTERNASIONAL I EKONOMI I OLAHRAGA I HIBURAN I IPTEK I INDEKS

Festival Waduk Setu Siap Meriahkan 17-an

Options

JAKARTA – Meriahkan HUT ke-74 RI, warga Cipayung akan menggelar Festival Waduk Setu. Acara yang digelar dengan dana swadaya dan mendapat dukungan dari Suku Dinas Pariwisata dan Kebudayaan akan diadakan pada Sabtu (16/8/2019) hingga Minggu (17/8/2019) dengan menampilkan berbagai kebudayaan Betawi.

Kasudin Pariwisata dan Kebudayaan Jakarta Timur, Iwan Henry mengatakan, festival Waduk Setu diinisiasi oleh warga sekitar yang telah sadar akan potensi wisata ditempat mereka. Dengan hal itu, pihaknya pun langsung mendukung dengan ikut andil dalam kegiatan pada perayaan kemerdekaan besok.

“Ini saya sangat bangga karena warga sudah sadar wisata dan sudah tahu ada potensi di wilayahnya sendiri,” katanya, Rabu (14/8/2019).

Menurut Iwan, beberapa rangkaian acara dibiayai oleh swasembada masyarakat beserta pihak swasta. Karena itu, pihak sudin hanya membantu untuk mempersiapkan tarian kebudayaan Betawi beserta bintang tamu.

“Semuanya dari masyarakat, kami hanya membantu gambang kromong, bodoran betawi dan ada artisnya seperti Opie Kumis dan Bang Madit,” jelasnya.

Bahkan, kata Iwan, agar lebih semarak, pihaknya juga menyiapkan acara tradisi kebudayaan Betawi yang hampir punah, yakni Besanan Betawi. Pasalnya, kebudayaan itu selama ini hanya akan muncul di acara tertentu. “Besanan Betawi ini merupakan tradisi pernikahan adat Betawi yang hampir punah. Apalagi saat ini terus muncul pengaruh dari berbagai kebudayaan seperti India, Eropa, Tionghoa, Arab dan Melayu,” terangnya.

Selain itu, kata Iwan, rangkaian acara juga akan diisi dengan aneka perlombaan untuk anak-anak dan dewasa. Lomba mewarnai, lomba gebuk bantal, lomba ketangkasan sepeda, dan lomba panjat pinang, akan menyemarakkan HUT RI. “Kami ingin perayaan HUT RI ke-74 di Jakarta Timur berlangsung meriah,” ujarnya.

Iwan menambahkan, pihaknya mendukung festival waduk Setu karena ingin mengenalkan potensi alam yang ada di wilayahnya. Sehingga dengan kegiatan itu bisa terekspos secara luas dan dilihat masyarakat. “Jadi nantinya tempat ini bisa dijadikan alternatif untuk mengisi akhir pekan, dan bisa juga untuk piknik,” pungkasnya. (ifand/yp)



Sumber: Poskotanews.com
loading...