http://bacaberita.info/
HOME I NASIONAL I INTERNASIONAL I EKONOMI I OLAHRAGA I HIBURAN I IPTEK I INDEKS

Gara-Gara Bos Huawei, AS Terbitkan Travel Warning ke China?

Options
Jakarta, CNBC Indonesia- Amerika Serikat sedang mempertimbangkan untuk mengeluarkan peringatan baru kepada warga AS, termasuk eksekutif bisnis, untuk bepergian ke China.

Kebijakan ini menindaklanjuti penangkapan bos Huawei di Kanada pekan lalu, atas perintah Washington, menurut dua sumber kepada Reuters, Selasa (11/12/2018).


Dikutip dari Reuters, laporan rencana travel warning ini datang dari Departemen Luar Negeri, dan akan memperingatkan warga negara AS tentang risiko bahwa China dapat membalas dendam terhadap mereka atas penahanan Direktur Keuangan Huawei Meng Wanzhou, menurut salah satu sumber yang akrab dengan situasi tersebut.

Meng, 46, yang ditangkap pada 1 Desember di Vancouver, kembali ke pengadilan Kanada pada hari Selasa untuk pemeriksaan jaminan, dan sedang memerangi permintaan ekstradisi AS. Cina telah memprotes penangkapannya kepada para pejabat AS dan Kanada.

Meng menghadapi tuduhan AS bahwa dia menyesatkan bank multinasional tentang kendali Huawei terhadap perusahaan yang beroperasi di Iran. Ini membuat bank berisiko melanggar sanksi AS dan menjatuhkan hukuman, menurut dokumen pengadilan.

Kanada mengkonfirmasi pada Selasa, bahwa salah satu warganya ditahan di China tetapi mengatakan tidak melihat adanya hubungan eksplisit dengan kasus Huawei.

Dalam laporan terbaru untuk China yang dikeluarkan pada 22 Januari, Departemen Luar Negeri mendesak Amerika untuk "meningkatkan kewaspadaan" di negara ini, karena "penegakan hukum setempat secara sewenang-wenang dan membatasi khusus pada dua warga negara AS-Cina.", dilansir dari Reuters, Rabu (12/12/18).

Penasihat itu mengatakan, pihak berwenang China memiliki kemampuan untuk melarang orang asing meninggalkan Cina, mengeluarkan apa yang disebut "larangan keluar", untuk memaksa mereka menyelesaikan sengketa bisnis, untuk memaksa penyelesaian perintah pengadilan atau memfasilitasi penyelidikan pemerintah.

Gara-Gara Bos Huawei, AS Terbitkan Travel Warning ke China Foto: CFO Global Huawei Meng Wanzhou (Foto: REUTERS/Alexander Bibik)

Ketika ditanya, apakah Amerika Serikat memperingatkan orang-orang bisnis tentang perjalanan ke China karena kasus Huawei, juru bicara Departemen Luar Negeri Robert Palladino muncul untuk mengulangi laporan terbaru, mengutip "potensi warga Amerika mengunjungi dan tinggal di China bisa saja untuk diinterogasi dan ditahan secara sewenang-wenang."

Departemen Luar Negeri akan memiliki pilihan untuk menerbitkan pedoman perjalanan baru untuk China, atau memperbarui yang sudah ada.

Palladino juga mengatakan dalam sebuah arahan dari Departemen Luar Negeri, bahwa Amerika Serikat prihatin dengan laporan bahwa warga Kanada itu ditahan di China dan mendesak Beijing untuk "mengakhiri semua bentuk penahanan sewenang-wenang mereka."

Penangkapan Meng telah mengguncang pasar, karena kekhawatiran itu akan memperburuk ketegangan AS-Cina, juga karena negara-negara berusaha untuk menegosiasikan jalan keluar dari perselisihan perdagangan yang sengit ini. 

(gus)



Sumber: CNBCIndonesia.com
loading...