http://bacaberita.info/
HOME I NASIONAL I INTERNASIONAL I EKONOMI I OLAHRAGA I HIBURAN I IPTEK I INDEKS

Hari Ini Thailand Gelar Pemilu

Options

INILAHCOM, Bangkok--Rakyat Thailand akan mendatangi tempat pemungutan suara dan menggelar pemilu pada Minggu (24/3/2019) ini untuk pertama kalinya sejak junta militer merebut kekuasaan pada 2014.

Meskipun militer Thailand memiliki sejarah campur tangan dalam politik, mereka telah melakukan 13 kudeta sejak berakhirnya pemerintahan monarki absolut pada 1932. Kali ini mereka berusaha untuk "memperbaiki negara" dengan mengamankan aliansi istana, militar dan bisnis besar, yang telah mendominasi Thailand sepanjang sejarah modernnya.

Mereka juga ingin mengurangi pengaruh Perdana Menteri Thaksin Shinawatra--yang memenangkan setiap pemilihan sejak 2001--dan sekutunya.

Junta telah melakukan dua perubahan besar di Thailand sejak mengambil alih tampuk kekuasaan: suksesi raja baru dan pengesahan konstitusi baru.

Putra Mahkota Raja Vajiralongkorn diproklamasikan sebagai raja pada Desember 2016, yang merupakan suksesi kerjaan pertama negara ini dalam 70 tahun.

Lalu pada 2017, junta menyetujui konstitusi baru yang dirancang oleh militer, menciptakan apa yang oleh para ahli sebut sebagai sistem politik "hibrida"--hanya sebagian demokratis karena kendala yang harus dialami setiap administrasi terpilih.

Akan ada 7,3 juta pemilih pertama dalam pemilihan hari Minggu ini, dari total hampir 52 juta warga Thailand yang memenuhi syarat untuk memilih.

Akan ada 81 partai dan lebih 2.700 kandidat yang memperebutkan 500 kursi di DPR.

Namun, persaingan utama adalah antara partai-partai pro-militer, yang ingin mempertahankan pemimpin junta militer saat ini, Jenderal Prayuth Chan-oca, dan mereka yang dekat dengan oposisi utama Partai Pheu Thai--inkarnasi ketiga dari partai Perdana Menteri Thaksin Shinawatra yang digulingkan.

Hanya saja, ada "kuda hitam" yang populer. Dia adalah Thanatorn Juangroongruangkit, pemimpin muda dari partai Future Forward. Dia juga seorang jutawan dan seorang taipan dengan ide-ide progresif, yang bergabung dengan reformasi besar yang menjanjikan. [bbc/lat]



Sumber: Inilah.com
loading...