http://bacaberita.info/
HOME I NASIONAL I INTERNASIONAL I EKONOMI I OLAHRAGA I HIBURAN I IPTEK I INDEKS

Harry dan Meghan tidak akan Pakai Gelar Kerajaan Lagi

Options
Harry dan Meghan akan membiayai hidupnya sendiri setelah keluar dari Kerajaan Inggris

REPUBLIKA.CO.ID, OTTAWA -- Pangeran Harry, dan istrinya, Meghan tidak akan lagi memakai gelar Keluarga Kerajaan "Yang Mulia" serta berhenti menerima dana publik. Mereka akan membayar biaya hidup dengan cara mandiri. Hal itu diumumkan oleh Istana Buckingham, Sabtu (18/1) waktu setempat.

"Harry, Meghan, Archie akan selalu menjadi anggota keluarga saya yang sangat dicintai," ujar Ratu Elizabeth II dalam sebuah pernyataan yang dikeluarkan oleh istana. 

Pengumuman tersebut tampaknya menjadi kesepakatan bersama untuk meredakan kekacauan monarki keluarga setelah pernyataan mundur dari Duke and Duchess of Sussex's dan memilih hidup mandiri di Kanada. Ratu dan anggota keluarga senior kerajaan langsung mengadakan rapat pada Senin pekan lalu untuk mendiskusikan langkah mundur dari Harry (35 tahun), dan Meghan (38 tahun).

"Saya mengenali tantangan yang mereka alami sebagai hasil dari pengawasan ketat selama dua tahun terakhir sebagai anggota keluarga kerajaan, dan saya mendukung mereka untuk kehidupan yang lebih mandiri," ujar Ratu.

Ratu juga mengatakan, dirinya sangat bangga karena telah memilih langkah konstruktif dan suportif bagi keluarganya. Dalam pernyataan Istana, Kerajaan Inggris dan Harry juga telah merumuskan perjanjian bahwa keduanya tidak akan lagi mengemban tugas-tugas kerajaan, termasuk dalam hal penunjukkan jabatan tertentu di militer Inggris.

"Meski mereka secara resmi sudah tidak lagi mewakili Ratu, Duke dan Duchess of Sussex telah menekankan bahwa mereka akan tetap menjunjung tinggi nilai-nilai luhur Yang Mulia Ratu," ujar Istana Buckingham dilansir BBC, Ahad.

Istana mengatakan tidak akan berkomentar tentang pengaturan keamanan apa yang akan dilakukan untuk pasangan kerajaan. Situs web baru Harry dan Meghan, sussexroyal.com, telah diperbarui mengikuti pernyataan Ratu.

"Sejalan dengan pernyataan oleh Yang Mulia Ratu, informasi tentang peran dan karya Duke dan Duchess of Sussex akan diperbarui di situs web ini pada waktunya," katanya.



Sumber: Republika.co.id
loading...