http://bacaberita.info/
HOME I NASIONAL I INTERNASIONAL I EKONOMI I OLAHRAGA I HIBURAN I IPTEK I INDEKS

Huawei, Honor, dan Sony: Belum saatnya Kamera 100 MP di Ponsel

Options

loading...

SHENZHEN - Ke arah mana tren kamera smartphone akan berlabuh di tahun 2020? Ternyata pelaku industri tak satu mengenal kata sepakat. Ketika Xiaomi dan Samsung memilih penghitungan piksel tinggi hingga 100 MP, ternyata Huawei, Honor, dan Sony berkata lain.

Ketiga pabrikan handphone yang dikenal dengan kekuatan kameramya itu bependapat, memiliki sensor 100 MP pada sebuah handphone, kelas flagship sekalipun, bukanlah pilihan yang tepat. Setidaknya untuk kondisi pasar saat ini.

Laman GSM Arena menyebutkan, kmitraan Honor dan Huawei dengan Sony memang menunjukkan bahwa ketiganya memiliki konsepsi yang berbeda di balik fotografi smartphone. Rumor terbaru tentang Sony yang bakal memproduksi sensor 100 MP lainnya -seperti Samsung- telah ditolak mentah-mentah oleh insinyur yang bekerja di sana. Mereka menilai, terlalu dini untuk melihat resolusi tinggi hingga 100 MP sebagai sensor kamera ponsel cerdas.

Baca Juga:

Hal itu diperkuat pernyataan Manajer Pemasaran Honor Mobile, Shen Kaixin. Dia juga menjawab tentang kontroversi 100MP. "Dengan resolusi 100MP, ukuran piksel akan sangat sulit untuk melampaui 0,8nm. Sony dan Honor percaya bahwa ukuran piksel 1nm atau lebih dapat memastikan kepekaan cahaya dan kualitas gambar yang diperlukan pada flagship. Pada tahun 2020, flagship Honor akan dengan tegas memilih garis piksel basis yang lebih besar "Shen Kaixin Hormati 100 MP".

Jadi, Honor percaya bahwa sangat sulit untuk mendapatkan piksel yang lebih besar ketika resolusi melebihi 100 MP. Sony dan Honor/Huawei juga percaya ukuran piksel lebih dari 1um dapat memastikan kualitas foto seperti foto unggulan. Dengan demikian, Honor tidak akan bergabung dengan tren sensor 100 MP pada tahun ini. Sebaliknya, mereka akan mengadopsi sensor dengan ukuran piksel yang lebih besar.

Sebelumnya kita sudah tahu bahwa Huawei P40 Pro akan mengemas sensor 52 MP yang dibuat khusus oleh Sony. Sensor ini berukuran 1/1,33 inci dan mengadopsi teknologi pixel binning 4 in 1. Teknologi ini memungkinkan sensor menggabungkan empat piksel menjadi satu untuk menangkap lebih banyak cahaya. Seperti yang mungkin Anda ketahui, lebih banyak cahaya berarti lebih sedikit gangguan di foto yang dipotret di mana pencahayaan tidak optimal.

Sebagai kesimpulan, baik Huawei maupun Honor mungkin melengkapi flagship-nya dengan sensor Sony 48 MP atau 52 MP. Mereka mengabaikan sensor gambar 108 MP milik Samsung yang dibawa Xiaomi dan merek lainnya.

(mim)



Sumber: Sindonews.com
loading...