http://bacaberita.info/
HOME I NASIONAL I INTERNASIONAL I EKONOMI I OLAHRAGA I HIBURAN I IPTEK I INDEKS

Ibu Milenial Cenderung Cari Informasi Parenting di Internet

Options

VIVA – Zaman sekarang, hampir semua orang mengandalkan internet untuk mencari berbagai informasi yang dibutuhkan, termasuk para ibu. Mulai dari mencari rekomendasi tempat makan, wisata, informasi kesehatan, hingga parenting. Semuanya, dicari lewat dunia maya.

theAsianparent sebagai platform dan komunitas parenting nomor satu di Asia Tenggara yang bernaung di bawah Tickled Media, merilis hasil penelitian tahunannya berupa Indonesian Digital Mums Survey 2019.

Dalam penelitian ini, theAsianparent mengungkapkan tentang tren kebiasaan dan perilaku digital para ibu di Indonesia. Lebih dari 1.281 ibu dari Jabodetabek, Surabaya, Yogyakarta, Medan, dan Bandung, berpartisipasi
dalam survei online ini.

"Indonesian Digital Mums Survey 2019 melaporkan, sebanyak 91 persen ibu memegang peranan penting dalam pembelian kebutuhan rumah tangga di era modern. Di sisi lain, survei ini juga menunjukkan bahwa ada peningkatan konsumsi internet sebesar 39 persen ketika perempuan menjadi seorang ibu," ujar Melissa Andini P, Deputy Counter Manager Indonesia Tickled Media, di The Sultan Hotel, Senayan, Jakarta Pusat, Rabu 26 November 2019.

Lebih lanjut ia menjelaskan, para ibu menghabiskan lebih banyak waktu mengakses internet setelah memiliki bayi dan lebih mengandalkannya untuk mencari informasi tentang parenting. Berikut empat temuan dalam Digital Mums Survey  2019.

Ibu pengambil keputusan utama untuk pembelian kebutuhan rumah tangga

Digital Mums Indonesia adalah pembuat keputusan utama untuk pembelian kebutuhan rumah tangga
Sebanyak 91 persen ibu Indonesia menganggap diri mereka sebagai pengambil keputusan utama untuk pembelian kebutuhan rumah tangga. Mereka menganggap dirinya sebagai kepala rumah tangga di era keluarga modern.

Lihat Juga

Jadi ibu makin bergantung pada internet

Ketika perempuan menjadi seorang ibu, pemakaian internet mereka meningkat secara signifikan
Data survei menunjukan, 39 persen perempuan mengaku semakin bergantung pada internet setelah menjadi seorang ibu. Sebanyak 99 persen dari mereka menghabiskan waktu untuk mengakses web atau aplikasi parenting, 98 persen dari mereka berselancar dalam media sosial, dan 95 persen dari mereka berbelanja online.

Aplikasi parenting jadi tren baru kalangan ibu Indonesia

Aplikasi parenting adalah tren baru di kalangan ibu untuk menemukan informasi terpercaya dan bisa diandalkan dalam hal kehamilan serta perkembangan anak. theAsianparent menjadi aplikasi paling populer di kalangan ibu dan diikuti oleh Teman Bumil.

Saat ini menggunakan aplikasi parenting, ada tiga pertimbangan teratas bagi mereka. Aplikasi ini mudah digunakan (72 persen), konten lengkap terkait anak-anak (59 persen), dan konten kehamilan (51 persen).

Adanya potensi penggunaan dompet digital di Indonesia
Terdapat 64 persen ibu di Indonesia menggunakan dompet digital beberapa kali dalam seminggu dan 34 persen dari mereka menggunakannya hampir setiap hari. Mereka menggunakannya untuk membeli produk, menggunakan sarana transportasi dan layanan lainnya.



Sumber: Viva.co.id
loading...