http://bacaberita.info/
HOME I NASIONAL I INTERNASIONAL I EKONOMI I OLAHRAGA I HIBURAN I IPTEK I INDEKS

Ingin Punya Lebih dari 4 Unicorn, Ini yang Disiapkan Jokowi

Options
Jakarta, CNBC Indonesia-Presiden Joko Widodo menginginkan agar Indonesia memiliki unicorn (perusahaan start-up dengan valuasi US$ 1 miliar) lebih dari empat. 

Apa yang Pemerintah siapkan?


Hingga kini, Indonesia memiliki 4 unicorn, yaitu Go-jek, Tokopedia, Bukalapak dan Traveloka.

Presiden mengungkapkan Pemerintah bisa mendorong munculnya unicorn dengan insentif kebijakan. Selain itu, ia mengatakan selalu berupaya agar ada sinergi antar sektor untuk membuat ekosistem yang mendukung perusahaan rintisan.

"Saya sampaikan konsolidasi antara sektor moneter, sektor fiskal, sektor industri, dengan pemerintah harus satu jalan, itu yang harus kita kendalikan agar satu jalan," katanya usai membuka Ideafest 2018 di Senayan JCC, Jumat (26/10/2018).

Selain itu, Jokowi mengatakan harus ada kolaborasi antara kreator, inovator, pelaku bisnis, yang satu garis dengan industri, investor dan lembaga keuangan. 

Presiden menyebut forum seperti Ideafest penting dilakukan karena bisa mempertemukan semua pihak yang bisa mendukung bertumbuhkembangnya perusahaan rintisan hingga mencapai syarat menjadi unicorn.

"Dengan seperti ini akan muncul unicorn baru. Karena Pemerintah tidak bisa sendiru, kita mendorong dengan policy, dengan kebijakan. Meski tidak gampang karena harus didukung dengan sebuah ekosistem yang bagus yang baik." (gus)



Sumber: CNBCIndonesia.com
loading...