http://bacaberita.info/
HOME I NASIONAL I INTERNASIONAL I EKONOMI I OLAHRAGA I HIBURAN I IPTEK I INDEKS

Ini 5 Manfaat Sehat Mengonsumsi Labu

Options
Ini 5 Manfaat Sehat Mengonsumsi Labu - JPNN.COM

jpnn.com - Buah labu tentu sudah tak asing bagi Anda. Buah berukuran besar dan berbentuk bulat – yang sering menjadi ikon acara Halloween - ini mudah ditemui di pasar dan swalayan. Labu memiliki rasa yang nikmat dan dapat diolah menjadi beragam makanan. Ada yang suka memakannya dengan cara dikukus, jadi bahan campuran kue, bahkan dibuat kolak untuk berbuka puasa.

Labu kaya akan berbagai nutrisi, seperti vitamin A, vitamin C, magnesium, dan potasium. Ia juga terkenal dengan kandungan beta-karoten yang kuat, sehingga mampu menangkal radikal bebas dalam tubuh.

“Mengonsumsi makanan yang kaya akan beta-karoten dapat mengurangi risiko pengembangan jenis kanker tertentu, melindungi diri kita terhadap asma dan penyakit jantung, serta menunda penuaan dan degenerasi tubuh,” kata dr. Muhammad Anwar Irzan dari KlikDokter.

Selain itu, ternyata masih banyak manfaat mengonsumsi labu lainnya. Apa saja? Dilansir dari Healthline, simak ulasannya sebagai berikut.

1. Penangkal radikal bebas

Radikal bebas adalah molekul yang dihasilkan oleh proses metabolisme tubuh. Meskipun sangat tidak stabil, ia memiliki peran yang bermanfaat, seperti menghancurkan bakteri berbahaya. Faktanya, radikal bebas yang berlebihan dalam tubuh dapat menciptakan stres oksidatif yang telah dikaitkan dengan penyakit kronis, termasuk sakit jantung dan kanker.

Labu mengandung antioksidan, seperti alpha-karoten, beta-karoten, dan beta-cryptoxanthin. Hal ini dapat menetralkan radikal bebas, menghentikan mereka dari merusak sel-sel Anda. Uji tabung dan penelitian pada hewan menunjukkan bahwa antioksidan ini melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari dan menurunkan risiko kanker, penyakit mata, dan kondisi lainnya.

2. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Sumber : Klikdokter

Berita Terkait



Sumber: JPNN.com
loading...