http://bacaberita.info/
HOME I NASIONAL I INTERNASIONAL I EKONOMI I OLAHRAGA I HIBURAN I IPTEK I INDEKS

Ini Daftar Biaya Melahirkan di Dunia, Indonesia ke Berapa?

Options
Jakarta, CNBC Indonesia - Persalinan biasanya merupakan komponen paling mahal diantara biaya-biaya kehamilan lainnya. Pasalnya, persalinan merupakan proses yang paling vital dan membutuhkan banyak tindakan medis.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Coyne College tahun 2016 yang dikutip dari Insider, biaya persalinan diberbagai belahan negara di dunia bisa berbeda-beda. Hal tersebut dipengaruhi oleh kualitas pelayanan medis dan tingkat perekonomian masing-masing negara. Berikut ulasan beberapa biaya persalinan di sejumlah negara.


Hong Kong
Biaya persalinan di Hong Kong tercatat merupakan yang paling mahal di dunia. Sekali bersalin, penduduk Hong Kong perlu membayar biaya rata-rata sebesar US$ 12.000 (setara Rp 168 juta; asumsi kurs Rp 14.000/US$).

Amerika Serikat (AS)
Setelah Hong Kong, persalinan di AS mengekor di posisi kedua. Rata-rata penduduk AS membayar US$ 10.800 (Rp 151,2 juta) untuk melahirkan secara normal. Bila persalinan dilakukan dengan operasi caesar, biayanya bisa mencapai US$ 15.000 (Rp 210 juta).

Singapura
Tak disangka negara tetangga, Singapura, merupakan tempat bersalin termahal ketiga di dunia. Biaya persalinan di Singapura berada di kisaran US$ 8.000 (Rp 112 juta) hingga US$ 10.000 (Rp 140 juta).

Swiss
Negara penghasil jam tangan mewah ini juga tercatat memiliki biaya bersalin yang mahal. Untuk persalinan normal, rata-rata biaya yang dikeluarkan adalah US$ 7.751 (Rp 108 juta). Sementara untuk operasi caesar mencapai US$ 9.965 (Rp 139 juta).

Australia
Bersalin di Negeri Kanguru juga ternyata tidaklah murah. Untuk persalinan normal, rata-rata biayanya mencapai US$ 5.312 (Rp 74,3 juta).

Kanada
Biaya melahirkan di Kanada relatif murah di kawasan Amerika Utara. Secara rata-rata, melahirkan dengan normal di Kanada menghabiskan uang sebesar US$ 3.195 (Rp 44,7 juta). Jumlah tersebut jauh lebih kecil ketimbang di AS, yang menyebabkan banyak turis melakukan kunjungan hanya untuk melahirkan.

Indonesia
Beruntung, di Indonesia rata-rata biaya bersalin relatif cukup rendah dibanding negara lain, yaitu US$ 1.837 (Rp 25,7 juta). Berdasarkan data yang berhasil dihimpun, biaya bersalin Indonesia merupakan yang termurah kedua di dunia, hanya sedikit lebih mahal dari Afrika Selatan.
Namun, untuk kasus-kasus kelahiran yang rumit bisa membengkak menjadi US$ 7.300 (Rp 102 juta).

TIM RISET CNBC INDONESIA

(taa/gus)

Sumber: CNBCIndonesia.com
loading...