http://bacaberita.info/
HOME I NASIONAL I INTERNASIONAL I EKONOMI I OLAHRAGA I HIBURAN I IPTEK I INDEKS

Ini Update Terbaru Ikatan Akuntan Publik Soal Lapkeu Garuda

Options
Jakarta, CNBC Indonesia - Institut Akuntan Publik Indonesia (IAPI) menyebutkan saat ini pihaknya tengah melakukan penelaahan terhadap permasalahan laporan keuangan PT Garuda Indonesia Tbk (GIAA) yang ditolak oleh dua dewan komisarisnya akibat perlakuan akuntansi terhadap transaksi dengan PT Mahata Aero Teknologi (MAT).

Ketua Umum IAPI Tarkosunaryo mengatakan beberapa langkah yang dilakukan oleh IAPI adalah melakukan pertemuan dengan Kantor Akuntan Publik (KAP) yang melakukan audit dan juga penelaahan laporan keuangan serta keterbukaan informasi yang disampaikan perusahaan terkait dengan laporan keuangannya.

"Penelaahan yang dilakukan IAPI tersebut melibatkan para akuntan publik yang menjadi anggota dari Dewan Reviu Mutu dan Dewan Pengurus di IAPI yang dilakukan secara obyektif dan independen untuk menilai apakah standar profesional akuntan publik (SPAP) dipatuhi," kata Tarkosunaryo dalam siaran persnya, Selasa (14/2).

Dia menjelaskan, pihaknya telah melakukan pertemuan dengan KAP Tanubrata, Sutanto, Fahmi, Bambang dan Rekan member dari BDO International yang melakukan audit atas laporan keuangan tersebut.

Pertemuan tersebut ditujukan untuk meminta keterangan atau informasi yang relevan dengan permasalahan tersebut.

Dalam keterbukaan informasi yang ditelaah, perusahaan menggali mengenai fakta.-fakta terkait akuntansi pengakuan dan pengukuran pendapatan sebesar US$ 239 juta atas transaksi penyediaan layanan konektivitas dalam penerbangan berupa Wi-Fi, pengelolaan In-Flight Entertaiment dan manajamen konten, selama 15 tahun dengan Mahata, untuk kemudian dianalisis berdasarkan PSAK 23 "Pendapatan".

Tarkosunaryo menyebutkan, hasil akhir dari penelaahan tersebut hanya berupa masukan, pertimbangan atau saran untuk menentukan langkah penyelesaian masalah tersebut.

"Penelahaan yang dilakukan IAPI bukan merupakan penentuan secara langsung dalam bentuk opini auditor apakah penyajian laporan keuangan tersebut sudah tepat sesuai Standar Akuntansi Keuangan. Namun hal tersebut lebih fokus pada evaluasi dan analisis untuk memberikan pertimbangan dan saran untuk mendapatkan penyelesaian masalah," jelas dia.

(dru)

Sumber: CNBCIndonesia.com
loading...