http://bacaberita.info/
HOME I NASIONAL I INTERNASIONAL I EKONOMI I OLAHRAGA I HIBURAN I IPTEK I INDEKS

Jika Ada Kecurangan dan Intimidasi Pemilu, Silakan Lapor di Sini

Options
Jika Ada Kecurangan dan Intimidasi Pemilu, Silakan Lapor di Sini - JPNN.COM

jpnn.com, JAKARTA - Sekelompok anak muda yang memiliki concern tinggi terhadap terwujudnya praktik demokrasi yang baik di Indonesia berinisiatif membuat platform yang bisa menampung siapapun orang maupun institusi yang ingin melaporkan adanya tekanan yang dialami terkait pemilu.

"Platform itu diberi nama JagaPemilu.Com," kata Inisiator JagaPemilu.Com Abdul Malik Raharusun, Senin (8/4).

Dia menjelaskan
JagaPemilu.com adalah ikhtiar untuk turut mewujudkan pemilu yang luber dan jurdil. Ini juga merupakan upaya memperkaya khazanah implementasi demokrasi digital. "Di mana teknologi informasi mengubah praktik demokrasi menjadi lebih baik," jelasnya.

Menurut dia, JagaPemilu.Com adalah platform partisipasi publik. Dia merupakan platform pelaporan mengenai informasi dugaan kecurangan ataupun tekanan yang dihadapi siapa pun.

"Pengguna tinggal mengisi form, layaknya Google Form, mengenai asal instansi, bentuk kecurangan, dan menyertai bukti-bukti dokumen atau foto," katanya.

Pihaknya ingin turut mendorong terwujudnya pemilu yang jurdil. Pemilu Indonesia menganut sistem one man one vote. "Maknanya adalah, setiap individu memiliki hak yang tidak boleh diintervensi oleh siapa pun," jelasnya.

Platform ini tidak mensyaratkan adanya identitas untuk melaporkan. Karena itu, tidak perlu ada kekhawatiran tentang hal tersebut. "Kami membuka opsi jika pelapor berkenan untuk memberikan nomor atau alamat email untuk kami hubungi, agar informasi dapat diverifikasi kebenarannya," paparnya.

Pihaknya menggunakan teknologi pemrograman web sederhana yang bisa dibuat oleh siapa pun dengan mudah dan cepat.



Sumber: JPNN.com
loading...