http://bacaberita.info/
HOME I NASIONAL I INTERNASIONAL I EKONOMI I OLAHRAGA I HIBURAN I IPTEK I INDEKS

KPK Segera Kirim Penyidik Belajar ke London

Options


JAKARTA
– Wakil Duta Besar Inggris untuk Indonesia, Rob Fenn, mendatangi gedung KPK, Kuningan, Jakarta Selatan. Mereka membahas soal pencegahan korupsi khususnya soal beneficial ownership atau pemilik manfaat dari korporasi yang tak tercantum di struktur perusahaan.

“Itu yang kami bicarakan ada beberapa hal. Ada yang lebih teknis misal pelatihan yang berhubungan dengan beneficial owners, pelatihan berhubungan dengan pengadaan barang melalui elektronik, pelatihan lain, korupsi di private sector,” ucap Wakil Ketua KPK, Laode M Syarif, Senin (11/2/2019).

Sementara itu, Rob Fenn mengatakan pemerintah Inggris akan mengajak sejumlah perwakilan KPK untuk ilmu soal beneficial ownership, langsung di Serious Fraud Office (KPK Inggris).

“Kerja sama kami dengan KPK sangat penting, kita akan bekerja lebih keras dan lebih dekat satu sama lain,” ucap Rob.

Laode sendiri menanggapi tawaran Rob Fenn secara positif. Ia juga bersyukur Indonesia memiliki Perpres 13/2018 tentang Penerapan Prinsip Mengenali Pemilik Manfaat dari Korporasi Dalam Rangka Pencegahan dan Pemberantasan Tindak Pidana Pencucian Uang dan dan Tindak Pidana Pendanaan Terorisme.

“Kalau dulu pemilik utamanya kan tidak ada di struktur perusahaan, tapi dikendalikan oleh orang itu, sekarang sudah ada peraturan presiden dan itu salah satu yang kita pelajari di Inggris,” kata Laode. (cw6/yp)



Sumber: Poskotanews.com
loading...