http://bacaberita.info/
HOME I NASIONAL I INTERNASIONAL I EKONOMI I OLAHRAGA I HIBURAN I IPTEK I INDEKS

Kecepatan 4G Smartfren Turun, Telkomsel Memimpin

Options

INILAHCOM, Jakarta - Dalam laporan terbaru OpenSignal mengungkapkan catatan trafik para operator seluler yang menyelenggarakan jaringan 4G.

Hasilnya, empat dari lima operator Indonesia menunjukkan peningkatan dalam metrik kecepatan 4G sejak laporan terakhir yang dikeluarkan OpenSignal. Satu-satunya pengecualian adalah Smartfen yang mengalami penurunan kecepatan jaringan 4G.

Dari data tersebut, Smartfren disebut terjadi penurunan drastis selama enam bulan terakhir yang menyebabkan kecepatan unduhan keseluruhannya menurun.

Lima operator yang diuji Open Signal Telkomsel disebutkan masih lebih unggul soal kecepatan pengunduhan dan pengunggahan 4G oleh OpenSignal, dengan rata-ratanya naik 1,5 Mbps menjadi 14,4 Mbps untuk masing-masing kategori.

OpenSignal berkesimpulan, meskipun Telkomsel memiliki kecepatan 3G dan 4G yang lebih tinggi dalam pengukuran, namun dalam data tersebut Smartfren mampu menyediakan koneksi 4G lebih banyak kepada pengguna, yang pada akhirnya memberikan penghargaan dari ketersediaan 4G .

OpenSignal sendiri melakukan penelitian di Jakarta, Bandung, Surabaya, Makassar, Medan, dan Semarang menggunakan lebih dari 5 miliar hasil pengujian yang dikumpulkan dari 937 ribu pengguna.

Lembaga ini membandingkan pengalaman 3G dan 4G yang ditawarkan oleh lima operator nasional di Indonesia.



Sumber: Inilah.com
loading...