http://bacaberita.info/
HOME I NASIONAL I INTERNASIONAL I EKONOMI I OLAHRAGA I HIBURAN I IPTEK I INDEKS

Kemenhub Sebut Asing Belum Berminat di Transportasi Darat

Options
Jakarta, CNBC Indonesia - Pemerintah sedang merevisi Peraturan Presiden Nomor 44 Tahun 2016 tentang daftar negatif investasi (DNI). Salah satu poinnya adalah mengeluarkan dua sektor transportasi dari DNI terbaru. Dengan demikian, investor asing punya kans kepemilikan hingga 100%.

Pertama, angkutan orang dengan moda darat tidak dalam trayek: angkutan pariwisata dan angkutan tujuan tertentu (KBLI 49221), di mana dalam aturan sebelumnya penanaman modal asing (PMA) dipatok maksimal 49%.

Kedua, angkutan moda laut luar negeri untuk penumpang (tidak termasuk cabotage) (KBLI 50121-50123), di mana sebelumnya PMA dari negara ASEAN diatur maksimal 70%.

Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Budi Setiyadi mengaku pihaknya baru akan mengkaji kebijakan DNI itu secara internal. Menurut dia, Kemenhub tidak mungkin menganulir, apabila kebijakan itu sudah diputuskan.

Kendati demikian, Budi sendiri mengaku masih bingung apakah ada investor asing yang tertarik masuk di sektor transportasi darat. "Kalau saya bilang, kenapa nggak di infrastrukturnya saja?," katanya usai diskusi Future Digital Transformation yang digelar Apindo, Senin (10/12/2018).


Menurut Budi, sudah banyak pihak asing yang menunjukkan ketertarikan berinvestasi di infrastruktur transportasi darat. Namun, dia mengakui memang belum ada kajian lebih lanjut dari calon-calon investor tersebut.

"Dulu dari China, dari Amerika Serikat sudah masuk [ketertarikan], tapi mungkin investasinya terlalu kecil. Mereka senangnya bangun bandara, dermaga. Jadi sudah ada ketertarikan, tapi belum ada follow up. Saya sih sekarang dorong BUMN saja," ujar Budi.

Kemenhub, lanjutnya, akan mengkaji sejauh mana ketertarikan pihak asing untuk berinvestasi di sektor transportasi darat dalam negeri. "Makanya nanti kita lihat. Sampai sekarang belum ada kok yang asing," katanya.

Kemenhub Sebut Asing Belum Berminat di Transportasi DaratFoto: Dirjen Perhubungan Darat Budi Setiyadi (CNBC Indonesia)
(miq/miq)

Sumber: CNBCIndonesia.com
loading...