http://bacaberita.info/
HOME I NASIONAL I INTERNASIONAL I EKONOMI I OLAHRAGA I HIBURAN I IPTEK I INDEKS

Konfirmasi Gagal Luncurkan Satelit Kedua, Iran Tuding AS Sabotase

Options

loading...

MUNICH - Menteri Luar Negeri Iran, Mohammad Javad Zarif mengkonfirmasi, negaranya telah dua kali gagal meluncurkan satelit selama dua bulan terakhir. Ia mengatakan kemungkinan hal itu disebabkan oleh sabotase Amerika Serikat (AS) seperti yang dilaporkan oleh New York Times minggu ini.

Zarif mengatakan Iran telah menyelidiki kegagalan-kegagalan tersebut, namun sekarang mereka memeriksa secara spesifik karena artikel tersebut.

"Sangat mungkin. Kami belum tahu," katanya tentang kemungkinan kampanye sabotase AS.

Baca Juga:

"Kita harus memeriksanya dengan sangat hati-hati," imbuhnya seperti dilansir dari NBC News, Sabtu (16/2/2019).

Sebelumnya diwartakan oleh New York Times AS mempercepat program rahasia untuk menyabotase senjata rudal Iran. Program tersebut digambarkan sebagai bagian dari kampanye yang diperluas oleh Amerika Serikat (AS) untuk melemahkan militer Teheran dan mengisolasi ekonominya.

Dalam laporannya, New York Times mengutip pernyataan pejabat AS yang menyinggung kegagalan Iran meluncurkan dua satelit dalam satu bulan terakhir.

"Dua kegagalan roket itu - satu diumumkan Iran pada 15 Januari dan yang lain, upaya yang tidak diakui, pada 5 Februari lalu - adalah bagian dari pola selama 11 tahun terakhir. Pada saat itu, 67 persen dari peluncuran orbital Iran telah gagal, jumlah yang sangat tinggi dibandingkan dengan tingkat kegagalan 5 persen di seluruh dunia untuk peluncuran ruang angkasa yang serupa," ujar pejabat AS.

Baca juga: AS Percepat Program Rahasia untuk Menyabotase Rudal Iran

Sebelumnya, perusahaan DigitalGlobe pada awal bulan ini merilis gambar satelit yang menunjukkan Iran telah meluncurkan satelit keduanya. Foto satelit yang diambil dari Imam Khomeini Space Center di provinsi Semnan, Iran memperlihatkan sebuah roket pada Selasa (5/2/2019). Namun gambar foto pada keesokan harinya menunjukkan roket itu hilang dengan apa yang tampaknya tanda bakar di landasan peluncurannya.

Baca juga: Foto Satelit Tunjukkan Iran Kembali Meluncurkan Satelit

(ian)



Sumber: Sindonews.com
loading...