http://bacaberita.info/
HOME I NASIONAL I INTERNASIONAL I EKONOMI I OLAHRAGA I HIBURAN I IPTEK I INDEKS

Kurang Pede dengan Bau Mulut Saat Puasa? Begini Cara Mengatasinya

Options

SAAT menjalan ibadah puasa, produksi air liur yang merupakan pembersih alami gigi berkurang. Hal ini dapat menyebabbkan bau mulut yang bisa mengganggu kepercayaan diri Anda saat berinteraksi.

Agar masalah mulut ini dapat berkurang, simak tips berikut ini yang dirangkum dari berbagai sumber:

  1. Air Putih

Perbanyak minum air putih saat sahur dan berbuka puasa.  Diketahui, air  merupakan komponen utama dari air liur yang berfungsi untuk menyimpan mineral-mineral yang diperlukan gigi, sekaligus membersihkan sisa makanan yang tersangkut di sela-sela gigi.

Selain itu, air juga dapat mengandung  fluoride yang dapat menjaga kelembaban gusi dan memperkuat enamel gigi.

  1. Teh Hijau

Mengkonsumsi teh hijau memang memiliki banyak manfaat. Selain membantu menurunkan berat badan, teh hijau juga bisa membantu mengurangi bau mulut tak sedap selama puasa lho.

Teh hijau memiliki zat polyphenol yang sangat berguna membersihkan bakteri di mulut dan saluran rongga pernafasan. Coba lah meminum secangkir teh hijau tanpa gula saat sahur untuk mencegah bau mulut.

  1. Apel

Sama seperti teh hijau, apel juga memiliki kandungan polyphenol yang tinggi. Selain itu, mengunyah apel saat sahur, dapat membantu memproduksi air liur yang menciptakan pembersih mulut alami.

  1. Sikat Gigi dan Lidah

Rutin menyikat gigi minimal 2 kali sehari yaitu setelah makan sahur dan sebelum tidur pada malam hari, agar sisa-sisa makanan di dalam mulut dapat disingkirkan dan tidak diubah oleh bakteri di dalam mulut menjadi asam yang dapat membentuk lubang pada gigi. Menghilangkan bau mulut secara alami bisa dilakukan dengan membersihkan lidah. Bersihkan area lidah dengan seksama, untuk mengurangi penyebab bau mulut. Karena, lidah juga dapat menyimpan bakteri penyebab bau mulut. (mb)



Sumber: Poskotanews.com
loading...