http://bacaberita.info/
HOME I NASIONAL I INTERNASIONAL I EKONOMI I OLAHRAGA I HIBURAN I IPTEK I INDEKS

Kursi Pesawat Harus Tegak saat Lepas Landas dan Mendarat, Kenapa?

Options

VIVA – Saat lepas landas maupun mendarat, pramugari selalu meminta penumpang untuk menegakkan sandaran kursi dan melipat meja di bangku pesawat. Tentu banyak penumpang yang bertanya-tanya tentang hal itu.

Lantas apa alasan di balik hal itu? Federal Aviation Administration (FAA) menyatakan bahwa menegakkan aturan sandaran kursi memiliki dua alasan utama, yaitu supaya lebih mudah untuk melakukan evakuasi dalam keadaan darurat dan membantu mengurangi cedera.

Hal itu tentu fakta yang menakutkan, tetapi sebagian besar kecelakaan pesawat terjadi saat lepas landas atau mendarat. Lebih khusus lagi, sebuah studi yang dilakukan Boeing menemukan bahwa 58 persen kecelakaan fatal terjadi selama waktu itu.

Dikutip dari Travel+Leisure, ketika terjadi kondisi darurat, penumpang akan lebih mudah dievakuasi menuju pintu darurat jika sandaran kursi dalam posisi tegak. Karena dalam situasi itu, tentunya tidak ada yang ingin memperlambat evakuasi.  

Memastikan bahwa sandaran kursi tegak saat lepas landas dan mendarat mengurangi kemungkinan wajah akan terbanting ke kursi belakang di depan Anda saat lepas landaran dan pendaratan yang tidak mulus. Ini juga berlaku pada penumpang yang duduk di belakang Anda.

Lihat Juga

Jika tempat duduk Anda tidak tegak, Anda punya risiko lebih besar mengalami cedera kepala, karena kepala Anda memiliki ruang lebih lebar untuk mengalami benturan. Menurut Otoritas Penerbangan Sipil Inggris Raya, penumpang hanya dapat mengadopsi posisi brace (kaki dan lutut dirapatkan dengan telapak kaki menempel pada lantai pesawat, sedangkan badan dicondongkan ke depan menempel pada sandaran kursi di depannya atau menempel rapat pada kedua paha) jika mereka duduk tegak.

Ilustrasi kabin pesawat.

”Jika Anda berada dalam situasi darurat di pesawat, Anda tidak akan punya waktu ekstra untuk menegakkan sandaran tempat duduk Anda, dan sandaran tempat duduk anak Anda sebelum mengalami benturan," ujarnya.

Sandaran kursi yang tidak tegak justru membuat terlalu sulit bagi penumpang untuk melakukan evakuasi dengan cepat dan mudah. Karena itu, jika pramugari meminta Anda untuk menegakkan sandaran kursi, maka segera patuhi demi keselamatan Anda dan penumpang lainnya.



Sumber: Viva.co.id
loading...