http://bacaberita.info/
HOME I NASIONAL I INTERNASIONAL I EKONOMI I OLAHRAGA I HIBURAN I IPTEK I INDEKS

Lagi, KPK Bongkar Kasus Korupsi di Wilayah Riau

Options
Lagi, KPK Bongkar Kasus Korupsi di Wilayah Riau - JPNN.COM

Wakil Ketua KPK Saut Situmorang. Foto: dok.JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) kembali membongkar kasus korupsi di wilayah Riau. Kali ini, lembaga anturasuah itu mengungkap kasus korupsi proyek pembangunan Jembatan Waterfront City atau Jembatan Bangkinang di Kabupaten Kampar.

Wakil Ketua KPK Saut Situmorang mengungkapkan, pihaknya telah mengantongi cukup bukti untuk menetapkan tersangka kasus korupsi proyek Jembatan Bangkinang. "KPK telah meyelesaikan penyelidikan dengan mengumpulkan informasi dan data hingga terpenuhinya bukti permulaan yang cukup untuk meingkatkan perkara ini ke tahap penyidikan," ucap Saut di kantornya, Kamis (14/3).

Baca juga: KPK Mulai Sentuh Bupati Kampar dan Wako Dumai

Seiring naiknya kasus itu ke tahap penyidikan, KPK telah menetapkan dua orang sebagai tersangkanya. Yakni AND alias Adnan selaku pejabat pembuat komitmen (PPK) di Dinas Bina Marga dan Pengairan Kabupaten Kampar, serta Manajer Divisi Operasi I PT Wijaya Karya (Persero) Tbk I Ketut Suarbawa (IKS).

Saut menjelaskan, KPK menduga para tersangka telah menguntungkan diri sendiri, orang lain atau suatu korporasi dengan melanggar hukum. Karena itu KPK menjerat kedua tersangka dengan Pasal 2 ayat (1) atau Pasal 3 Undang-Undang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi Pasal 55 ayat (1) ke-l KUHP.

Selain itu, KPK juga telah mengantongi angka kerugiannegara dalam kasus tersebut. “Dalam proyek ini telah terjadi kerugian keuangan negara setidak-tidaknya sekitar Rp 39,2 miliar dari nilai proyek pembangunan Jembatan Waterfront City secara tahun jamak di tahun anggaran 2015 dan 2016 dengan total Rp 117,68 miliar," jelas Saut.(fat/jpnn)

Berita Terkait



Sumber: JPNN.com
loading...