http://bacaberita.info/
HOME I NASIONAL I INTERNASIONAL I EKONOMI I OLAHRAGA I HIBURAN I IPTEK I INDEKS

Masa Terberat dalam Sejarah Facebook Menurut Zuckerberg

Options
Jakarta - Facebook yang sekarang adalah raksasa jejaring sosial tanpa tanding dengan jumlah pengguna lebih dari 2 miliar. Tapi tentu butuh perjuangan berat membesarkan Facebook, seperti yang pernah diungkapkan oleh sang pendiri dan CEO, Mark Zuckerberg.

Dalam sebuah wawancara dengan presiden Y Combinator, Sam Altman, Zuckerberg mengungkap masa paling menyedihkan dalam sejarah Facebook adalah saat ia memutuskan menolak tawaran akuisisi besar dari Yahoo.

"Salah satu bagian terberat untukku adalah ketika Yahoo menawarkan untuk membeli perusahaan ini dengan banyak uang. Itu adalah titik balik perusahaan," kata Zuck dikutip detikINET dari CNNMoney.

Itu adalah tahun 2006. Yahoo yang masih perusahaan teknologi besar menawar Facebook senilai USD 1 miliar. Facebook masih berusia 2 tahun dan baru memiliki 10 juta user.

Banyak pihak yakin Facebook seharusnya menerima tawaran itu. Namun Zuck dan pendiri Facebook lainnya, Dustin Moskovitz, akhirnya menolaknya dengan berbagai pertimbangan.

Nah, bagian terberat bukan saat menolak, tapi dampak yang muncul sesudahnya. Rupanya, banyak pegawai Facebook keluar karena tidak setuju dengan keputusan Zuck, terutama di kalangan manajemen.

"Bagian yang menyakitkan bukanlah soal menolak tawaran tersebut. Tapi fakta bahwa setelah melakukannya, banyak orang di Facebook keluar karena mereka tidak percaya dengan apa yang kami lakukan," sebut Zuck, yang menyalahkan dirinya sendiri sebagai penyebabnya.

"Kupikir fakta bahwa aku tak berkomunikasi dengan baik tentang apa yang coba kami lakukan adalah penyebab tensi besar itu. Banyak orang yang bergabung di Facebook tak terlalu sepakat denganku. Bisa menjual startup senilai USD 1 miliar dalam usia hanya beberapa tahun adalah semacam home run bagi mereka," tambah suami Priscila Chan itu.

Tapi kemudian, perjudian Zuckerberg menolak tawaran Yahoo ternyata sangat tepat. Kini Facebook adalah salah satu raksasa teknologi paling disegani dengan nilai perusahaan ratusan miliar dolar.

Sedangkan Yahoo seperti diketahui semakin sempoyongan dan terpaksa dijual 'murah' senilai USD 4,8 miliar ke operator telekomunikasi AS, Verizon. Jika waktu itu Facebook berhasil dibeli Yahoo, mungkin saja jejaring sosial itu juga ikut terpuruk. (fyk/krs)



Sumber: Detik.com
loading...