http://bacaberita.info/
HOME I NASIONAL I INTERNASIONAL I EKONOMI I OLAHRAGA I HIBURAN I IPTEK I INDEKS

Mendagri Usulkan Pemilu 2024 e-Voting

Options

INILAHCOM, Jakarta - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo mengusulkan sistem elektronik voting (e-voting) dalam Pemilu 2024 mendatang. Hal itu disampaikannya dalam rapat evaluasi penyelenggaraan Pemilu 2019 bersama DPD RI, digedung Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (7/5/2019).

"Salah satu yang perlu dicermati apakah 5 tahun ke depan sudah saatnya memakai e-voting. Kenapa India yang hampir 1 miliar bisa lakukan e-voting," kata Tjahjo di Ruang GBHN, Nusantara V.

Dalam rapat evaluasi Pemilu 2019 itu, juga dibahas mengenai pemilu serentak. Apakah pada Pemilu 2024 nanti, Pemilu Presiden dan legislatif dipisah atau tetap bersamaan. Kemudian ditambah lagi dengan pilkada serentak Kabupaten/Kota.

"Kedua mengenai sistem, akan dikaji lagi apakah keputusan MK tafsirnya sama bahwa pelaksanaan pemilu serentak. Serentaknya itu tidak disebutkan jam hari bulan sama. Apakah serentaknya itu boleh minggu yang sama atau bulan berbeda. Perlu konsultasi dengan MK," ungkap Tjahjo.

Rapat tersebut juga turut dihadiri oleh Kapolri Jenderal Tito Karnavian, Jaksa Agung, M. Prasetyo, Kepala BIN dan Panglima TNI. [rok]



Sumber: Inilah.com
loading...