http://bacaberita.info/
HOME I NASIONAL I INTERNASIONAL I EKONOMI I OLAHRAGA I HIBURAN I IPTEK I INDEKS

Nekat Olahraga Berat Padahal Jarang Bergerak, Ini yang Bakal Terjadi pada Tubuhmu!

Options

APAKAH Anda mulai meniatkan diri untuk berolahraga? Jika iya, hal yang mesti diperhatikan adalah jangan buat kaget tubuh Anda dengan olahraha berat!

Konsep ingin cepat kurus atau ideal itu mustahil. Tidak ada yang instan untuk bisa mendapatkan bentuk tubuh ideal. Sekali pun banyak iklan yang menjanjikan hal tersebut!

BERITA TERKAIT +

Untuk bisa mendapatkan bentuk tubuh yang ideal, yang mesti Anda lakukan adalah menjaga asupan makanan ideal dan diimbangi dengan olahraga yang benar dan teratur. Nah, menggerakkan tubuh ini yang kadang menjadi halangan untuk bisa mencapai tujuan tersebut.

 BACA JUGA:

Menyusui Bisa Menyakiti Bayi jika Lakukan 5 Kebiasan Buruk Ini

"Untuk yang pertama harus dimiliki adalah niat. Jika itu sudah ada, maka yang mesti dilakukan setelahnya adalah dengan memupuknya menjadi sesuatu yang lebih besar dengan melakukan aktivitas fisik dan menjaga asupan makanan dengan benar dan teratur," terang Direktur Kesehatan Kerja dan Olahraga Kementerian Kesehatan RI drg Kartini Rustandi pada Okezone saat ditemui di RPTRA Borobudur, Jakarta Pusat, Jumat (7/12/2018).

Kartini melanjutkan, hal yang mesti disadari adalah memiliki tubuh yang langsing itu bukan perkara membatasi asupan makanan saja, tapi keaktifan Anda menggerakkan tubuh juga mesti diperhatikan. Hal ini yang membuat proses mendapatkan berat badan ideal semakin mencapai ideal.

 

Ditambahkan Dokter Spesialis Kedokteran Olahraga dr Michael Triangto, SpKO, untuk Anda yang memulai berolahraga, sangat disarankan untuk melakukannya secara bertahap, benar, dan teratur. Hal ini demi kebaikan tubuh Anda.

"Kalau Anda langsung olahraga dengan intensitas padat dan durasi panjang, risikonya akan semakin tinggi dan ini bukannya membuat tubuh Anda sehat malah berbahaya mengarah ke cedera," papar dr Michael di acara yang sama.

Dr Michael menyarankan pada tahap awal, sebisa mungkin sebatas berjalan sudah baik. Jika ingin ditambahkan intensitasnya, jalannya bisa 20 menit. Kemudian, jika sudah merasa tidak begitu capek di waktu tersebut, dinaikin lagi levelnya menjadi 30 menit. Kalau begini, dr Michael menuturkan, tubuh akan terbiasa dengan intensitas tersebut dan ini yang akan membuat berat badan ideal lebih konstan.

Selain perkara aktivitas tubuh, Anda juga mesti menjaga asupan makanan dengan baik dam benar. Jadi, jangan pernah menghilangkan protein, karbohidrat, dan vitamin secara total. Menguranginya bisa menjadi pilihan yang baik.

 BACA JUGA:

Alya Nurshabrina Dapat Dukungan dari Anak-Anak 'Spesial' dari Pulau Kei

"Dengan olahraga yang benar dan teratur pun menjaga asupan makanan yang baik, maka mendapatkan berat tubuh yang ideal akan semakin mudah dan dipastikan untuk melakukan kebiasaan ini dengan disiplin dan mau melakukannya dengan konsep untuk berdampak seumur hidup," tambahnya.

(dno)



Sumber: okezone.com
loading...