http://bacaberita.info/
HOME I NASIONAL I INTERNASIONAL I EKONOMI I OLAHRAGA I HIBURAN I IPTEK I INDEKS

Orang Kaya Baru China Bantu Miliuner Dunia Tambah Makmur

Options
Jakarta, CNBC Indonesia - Nilai kekayaan total miliuner dunia naik 19% menjadi US$8,9 triliun (Rp 135.330 triliun) pada tahun 2017, dipimpin oleh pertumbuhan di China, yang mencetak dua miliuner baru setiap minggu.

Sebanyak 199 miliuner baru muncul sepanjang tahun secara global, dengan hampir sepertiganya memperoleh kekayaan mereka melalui beberapa bentuk inovasi, sementara sisanya melakukannya dengan meluaskan bisnis di kawasan Asia-Pasifik, kata UBS dan konsultan PwC, dikutip dari Reuters.


Tidak ada yang lebih menonjol dari China, ujar mereka dalam Laporan Billionaires Insights Report edisi 2018. Jumlah miliuner China naik menjadi 373 dari 318 dengan kekayaan gabungan mencapai US$1,12 triliun, naik 39%.


"Para pengusaha miliuner China memimpin transformasi ekonomi negara mereka dan seluruh Asia," kata laporan itu.

"Selama lebih dari 10 tahun, mereka telah menciptakan beberapa perusahaan terbesar di dunia, meningkatkan standar hidup, dan meraup keuntungan dengan kecepatan yang belum pernah terjadi sebelumnya."

Orang Kaya Baru Cina Bantu Miliuner Dunia Tambah MakmurFoto: Aristya
UBS, yang wealth management-nya mengelola aset sekitar US$2,5 triliun, dan PwC mengatakan sudah ada lebih banyak miliuner di Asia daripada di Amerika Serikat dan mereka berada dalam jalur untuk menjadi lebih kaya daripada rekan-rekan AS dalam tiga tahun.

"Kelompok baru pengusaha Cina menantang Silicon Valley, di tengah meningkatnya ketegangan atas perdagangan dan kekayaan intelektual. Mereka mengembangkan model bisnis baru, merebut peluang, bergerak cepat di antara sektor bisnis."

China menghasilkan 50 'unicorn', perusahaan dengan valuasi setidaknya US$1 miliar dari 2016 hingga 2018, sedikit di belakang angka 62 yang diproduksi di Amerika Serikat, kata laporan itu.


Urbanisasi yang cepat dan pertumbuhan produktivitas, akan membantu para pengusaha muda di garis depan penciptaan kekayaan China, terus mencapai jajaran miliunee di tahun-tahun mendatang, katanya. (prm)

Sumber: CNBCIndonesia.com
loading...