http://bacaberita.info/
HOME I NASIONAL I INTERNASIONAL I EKONOMI I OLAHRAGA I HIBURAN I IPTEK I INDEKS

Pakistan Sebar Sistem Pertahanan Udara di Dekat Perbatasan India

Options

loading...

ISLAMABAD - Pakistan sebar sejumlah rudal pertahanan udara jarak menengah buatan China di beberapa kota dan pangkalan militer untuk mencegah serangan Angkatan Udara India (IAF). India sebelum melancarkan serangan terhadap sebuah kamp teroris di Pakistan pasca serangan bom bunuh diri di wilayah Kashmir.

Pertahanan udara, yang dilaporkan dikerahkan di dekat perbatasan India, termasuk lima unit rudal permukaan-ke-udara LY-80 (HQ-16). Pakistan juga mengerahkan baterai radar IBIS-150 yang mampu melacak dan menghancurkan berbagai target udara pada jarak lebih jauh yang terbang di ketinggian rendah dan menengah.

Selain itu, militer Pakistan dilaporkan mengerahkan drone Rainbow CH-4 dan CH-5 buatan China untuk melakukan pengawasan dan potensi serangan di sepanjang Garis Kontrol Kashmir seperti dikutip dari Sputnik, Minggu (24/3/2019).

Baca Juga:

Perkembangan ini terjadi setelah Presiden Pakistan Arif Alvi menuduh India memiliki sikap tidak bertanggung jawab dan memuji tanggapan langsung dan efektif Islamabad atas apa yang ia sebut sebagai agresi India.

“Setelah serangan Pulwama, India menyalahkan Pakistan tanpa bukti. India tidak mematuhi hukum internasional dan melanggar wilayah udara Pakistan,” kata Alvi, pada Sabtu kemarin.

Alvi merujuk pada serangan 14 Februari terhadap konvoi keamanan India di daerah yang dikuasai India di Kashmir oleh militan Islam yang berbasis di Pakistan. Serangan tersebut merenggut nyawa setidaknya 40 orang petugas keamanan.

Serangan bunuh diri itu diikuti oleh serangan IAF pada 26 Februari terhadap sebuah kamp yang diduga dijalankan oleh kelompok teroris yang berbasis di Pakistan, Jaish-e-Mohammed. Tembak menembak terjadi sehari kemudian antara pesawat-pesawat tempur India dan Pakistan.

Dalam perkembangan terpisah awal pekan ini, Beijing bergerak untuk mendukung Islamabad dengan latar belakang meningkatnya ketegangan India-Pakistan.

"Tidak peduli bagaimana keadaan berubah di dunia dan di kawasan ini, China akan dengan tegas mendukung Pakistan dalam menegakkan kemerdekaan kedaulatannya, integritas wilayah dan martabat wilayah," kata Menteri Luar Negeri China Wang Yi.

(ian)



Sumber: Sindonews.com
loading...