http://bacaberita.info/
HOME I NASIONAL I INTERNASIONAL I EKONOMI I OLAHRAGA I HIBURAN I IPTEK I INDEKS

Pemerintah Resmikan BPDLH untuk Konsolidasi Dana Lingkungan Hidup

Options

POJOKSATU.id, JAKARTA – Pemerintah meresmikan Badan Pengelola Dana Lingkungan Hidup (BPDLH) yang tugas dan fungsi menampung, mengelola, dan menyalurkan dana lingkungan hidup yang berasal dari APBN dan non-APBN.

Acara peresmian BPDLH dilakukan di halaman Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Jakarta Pusat, Rabu (8/10) pagi.

Menteri LHK Siti Nurbaya Bakar menuturkan, LH Fund (BPDLH) ini menjadi wahana penting untuk konsolidasi perlindungan dan pengelolaan lingkungan.

“Sekaligus sebagai langkah konkret Indonesia dalam Paris Agreement untuk perubahan iklim,” kata Siti Nurbaya.

Indonesia membutuhkan dana yang besar untuk menurunkan emisi gas rumah kaca sebesar 29 persen dan 41 persen apabila mendapat dukungan dan kerja sama dari komunitas internasional.

Selain itu, dana ini akan diperuntukkan bagi perubahan iklim dan keanekaragaman hayati.

Siti Nurbaya menyebut dana yang dibutuhkan untuk adaptasi target tersebut mencapai Rp 840 triliun selama 2016-2020. Sementara untuk mitigasi sebesar Rp 270 triliun atau USD 17 miliar.

“Oleh karenanya dibutuhkan berbagai inovasi pendanaan di tengah anggaran yang terbatas. Salah satunya membentuk BPDLH atau LH Fund,” jelasnya.

BPDLH berada di bawah Kementerian Keuangan. Sementara itu, Sri Mulyani Indrawati menegaskan BPDLH ini bukan bertugas untuk mengambilalih tugas dan wewenang KLHK dalam pelestarian dan pengendalian lingkungan.

Sri Mulyani menambahkan masalah lingkungan hidup sudah menjadi prioritas di dalam penganggaran.

Anggaran untuk program yang berkolerasi ke lingkungan hidup sebesar Rp 104,7 triliun di 2018 yang tersebar di kementerian dan lembaga.

“LH Fund ini untuk pengelolaan dana lingkungan hidup agar lebih optimal. Baik itu dana dari APBN dan non-APN dalam dan luar negeri,” paparnya.

(jpc/pojoksatu)



Sumber: Pojok Satu
loading...