http://bacaberita.info/
HOME I NASIONAL I INTERNASIONAL I EKONOMI I OLAHRAGA I HIBURAN I IPTEK I INDEKS

Pernah Populer, Isetta Coba Dibangkitkan Lagi

Options

loading...

Berita Isetta. FOTO/Istimewa

JAKARTA - Isetta adalah mobil mungil yang muncul di Italia pada 1950-an? Karena desainnya yang unik serta compact, Isetta ternyata diminati di banyak negara di Eropa.

Karena merek mobil ini semakin populer, Isetta pun kemudian diambil oleh beberapa perusahaan, salah satunya BMW.

Saat itu Isetta masih menggunakan mesin konvensional bersilinder tunggal. Konsumsi bahan bakar mobil yang mampu menampung dua orang itu hanya 33 kilometer per liter. Namun popularitas Isetta menurun sehingga mobil dengan desain klasik itu pun seperti ditinggalkan.

Seperti dilansir dari Autopro, dan kini sebuah perusahaan di Swiss, Micro Mobility System, mencoba menghidupkan lagi Isetta. Mobil yang diberi nama Microlino itu menggunakan penggerak listrik.

Di Eropa, Microlino tidak dikategorikan sebagai mobil seperti layaknya kendaraan penumpang. Karena itu, mobil ini tidak perlu memenuhi standar keselamatan atau melewati uji tabrak.

Microlino menggunakan motor listrik 15 kW. Kecepatan maksimumnya mencapai 100 kilometer per jam. Untuk sekali isi ulang, mobil ini bisa melaju hingga 120 km.

Mobil ini menggunakan satu pintu yang terletak di depan. Desain pintu agak menyembul sehingga tidak heran bila pada masa lalu Isetta juga disebut sebagai "bubble car".

(wbs)



Sumber: Sindonews.com
loading...