http://bacaberita.info/
HOME I NASIONAL I INTERNASIONAL I EKONOMI I OLAHRAGA I HIBURAN I IPTEK I INDEKS

Pilihan Susu Terbaik untuk Penderita Kolesterol Tinggi

Options
Pilihan Susu Terbaik untuk Penderita Kolesterol Tinggi - JPNN.COM

jpnn.com - Mengalami kolesterol tinggi bukan berarti tak bisa mengonsumsi susu. Pasalnya, meski tidak wajib, susu merupakan sumber kalsium dan protein yang baik bagi tubuh. Meski begitu, penderita kolesterol tinggi harus lebih selektif dalam memilih susu yang tepat. Berikut ini beberapa jenis susu yang aman dikonsumsi penderita kolesterol tinggi.

1. Susu sapi jenis whole milk

Jenis susu ini merupakan yang paling mudah dijumpai di pasaran. Contohnya adalah susu UHT (ultra heat temperature) full cream. Kelebihan dari susu jenis ini adalah memiliki kandungan kalsium dan protein yang tinggi. Segelas susu (250 mililiter) ini sanggup mencukupi lebih dari sepertiga kebutuhan kalsium harian tubuh.

Meski demikian, whole milk memiliki kandungan lemak jenuh sebesar 4 persen. Sebetulnya, jumlah kandungan lemak jenuh ini tidaklah banyak. Namun pada penderita kolesterol tinggi, sedikit asupan lemak jenuh saja bisa meningkatkan kadar lemak jahat (LDL) secara signifikan.

Sebab, sebagian besar penderita kolesterol tinggi mengalami gangguan metabolisme lemak dalam tubuhnya. Oleh karena itu, tambahan sedikit lemak saja bisa memperburuk kondisi tubuh.

2. Susu sapi rendah lemak dan susu skim

Susu sapi rendah lemak (low fat milk) dan susu skim (skimmed milk) merupakan produk susu sapi yang melewati serangkaian proses, sehingga kadar lemaknya berkurang. Dibandingkan dengan susu sapi jenis whole milk, kedua jenis susu ini memiliki kadar lemak jenuh yang lebih rendah.

Meski serupa, susu rendah lemak dan susu skim tidaklah sama. Dengan proses pembuatan yang berbeda, susu rendah lemak memiliki kandungan lemak jenuh sebesar sekitar 1 persen, sedangkan susu skim memiliki kandungan lemak mendekati nol persen.

Sumber : Klikdokter

Berita Terkait



Sumber: JPNN.com
loading...