http://bacaberita.info/
HOME I NASIONAL I INTERNASIONAL I EKONOMI I OLAHRAGA I HIBURAN I IPTEK I INDEKS

Polisi Hong Kong Masuk ke Kampus PolyU Usai 11 Hari Pengepungan

Options
Hong Kong - Kepolisian Hong Kong memasuki kampus Universitas Politeknik Hong Kong (PolyU) yang dikepung selama 11 hari terakhir usai bentrokan sengit dengan demonstran pro-demokrasi. Di dalam kampus, polisi mencari bom molotov dan material berbahaya lainnya yang ditinggalkan para demonstran.

Seperti dilansir AFP, Kamis (28/11/2019), PolyU menjadi pusat bentrokan antara demonstran dan polisi Hong Kong sejak 17 November lalu. Dalam bentrokan itu, demonstran antipemerintah menggunakan busur, panah dan bom molotov sebagai senjata dalam melawan polisi yang menggunakan gas air mata, meriam air dan peluru karet. Bentrokan berujung pengepungan oleh polisi, dengan demonstran bersembunyi di dalam kampus.

Polisi tidak bisa masuk ke dalam kampus dan menunggu para demonstran di luar. Otoritas Hong Kong saat itu menetapkan kampus PolyU sebagai lokasi kerusuhan, yang berarti siapa saja yang terlibat kerusuhan bisa dijerat pidana. Setiap akses keluar kampus diblokir dan para demonstran diminta menyerahkan diri.


Kebuntuan itu berujung kaburnya ratusan demonstran dari kampus PolyU, dengan beberapa orang berhasil kabur secara berani, beberapa lainnya ditangkap dan dipukuli polisi saat upaya kaburnya ketahuan. Sejumlah demonstran yang tersisa bersembunyi di dalam kampus, dengan polisi terus mengepung area itu.

Namun dalam beberapa hari terakhir, sejumlah kecil demonstran yang bersembunyi di dalam kampus tampaknya menghilang. Para staf universitas tersebut menyatakan pihaknya hanya mampu menemukan satu demonstran saja di dalam kampus PolyU.

Pada Rabu (27/11) tengah malam, seorang pria bermasker berbicara kepada wartawan di dalam kampus PolyU dan menyebut ada 20 demonstran yang tersisa. Namun hingga Kamis (28/11) pagi waktu setempat, tidak ada tanda-tanda keberadaan demonstran.

Kampus PolyU menjadi pusat bentrokan antara demonstran dan polisi Hong Kong dua pekan laluKampus PolyU menjadi pusat bentrokan antara demonstran dan polisi Hong Kong dua pekan lalu Foto: AFP Photo/NICOLAS ASFOURI



Sumber: Detik.com
loading...