http://bacaberita.info/
HOME I NASIONAL I INTERNASIONAL I EKONOMI I OLAHRAGA I HIBURAN I IPTEK I INDEKS

Rawat Budaya Betawi, Anies Umumkan Pemenang Desain Arsitektur Taman Benyamin S

Options

loading...

JAKARTA - Pemprov DKI Jakarta mengumumkan pemenang sayembara desain arsitektur Kompleks Taman Benyamin Sueb. Taman ini akan dibangun di Gedung Eks Kodim 0505 Jatinegara, Jakarta Timur.

Taman tersebut akan menjadi salah satu pusat kebudayaan Betawi di Jakarta. Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan mengatakan, desain yang dipresentasikan menggambarkan semangat Benyamin Sueb dalam memberikan sumbangsih besar kepada kebudayaan Betawi sehingga dikenal di seluruh Indonesia bahkan dunia.

"Benyamin Sueb adalah pribadi yang tumbuh besar dalam budaya Betawi dan telah berhasil membuat pengalaman betawinya menjadi karya yang dinikmati seluruh Indonesia. Tempat ini nantinya harus menjadi tempat di mana perjalanan hidup Benyamin Sueb yang lintas waktu dikonversi jadi ruangan. Artinya siapapun yang datang akan mendapat pengalaman unik tentang Benyamin Sueb dan karyanya," kata Anies dalam sambutan pembukaan sayembara di Balairung, Balai Kota Jakarta, pada Kamis (28/11/2019).

Baca Juga:

Anies berharap agar taman tersebut nantinya memberikan manfaat bagi warga Jakarta untuk mengembangkan budayanya. Sehingga, budaya yang ada selama ini bukan hanya dilestarikan namun juga diinovasikan menjadi bentuk baru yang sesuai perkembangan zaman.

"Kita berharap tempat ini menjadi pemantik agar masyarakat Betawi mengembangkan budayanya dan lahir inovasi, seperti contohnya Kojek yang merupakan rapper dengan lirik bahasa Betawi. Ini yang nantinya bisa kita kembangkan sama-sama," tuturnya.

Kompleks Taman Benyamin Sueb sudah melalui proses peletakan batu pertama pada 22 September 2019 lalu. Nantinya, taman ini didesain berdasarkan ide ketiga pemenang sayembara, yaitu juara pertama, desain karya Achmad Noerzaman dengan tema Beranda Jakarte; juara kedua, Boy Birawa dengan tema A Walk Through Time Heritage Walk Jatinegara; serta juara ketiga, Danang Triatmoko dengan tema Taman Bang Ben.

(whb)



Sumber: Sindonews.com
loading...