http://bacaberita.info/
HOME I NASIONAL I INTERNASIONAL I EKONOMI I OLAHRAGA I HIBURAN I IPTEK I INDEKS

Review realme 5s, Quad Camera PowerHero dengan 48MP Quad Camera

Options

VIVA – realme telah merilis smartphone realme 5 dan 5 Pro sekitar dua bulan lalu dan sekarang kita memiliki tambahan baru untuk seri ini dalam bentuk realme 5s, yang telah diluncurkan bersamaan dengan realme X2 Pro, si smartphone flagshipnya.

Smartphone ini menawarkan kamera belakang utama 48MP yang naik dari realme 5 tapi masih didukung oleh baterai 5000mAh. Handset ini berjalan pada ColorOS 6 berbasis Android 9 Pie dan ditenagai oleh prosesor Snapdragon 665.

Dari tampak luar, realme 5s tidak dapat dibedakan dari realme 5 dan itu bukahlah hal yang buruk. Karena sejauh ini pasar menyukai desain realme 5 yang tampil lebih segar dengan motif baru. Jadi seberapa bagus implementasi realme? Saya menggunakan realme 5S untuk sementara waktu dan inilah impresi yang saya dapatkan.

Desain tidak berubah

Seperti yang disebutkan sebelumnya, desain realme 5S hampir identik dengan realme 5. Smartphone ini menampilkan bodi polikarbonat mengilap dengan pola potongan berlian. Bagian belakang yang glossy berarti bodi realme 5S adalah magnet bagi sidik jari. Tapi Anda kemungkinan besar akan melindunginya dengan kasing bawaan sehingga bagian yang rawan noda dan baret tidak terlalu menjadi perhatian.

Baterai 5.000 mAh yang besar dipadukan dengan layar 6,5 inci berarti smartphone ini memiliki dimensi yang cukup besar untuk digunakan dengan satu tangan. Untungnya lengkungan di bagian tepi memberi saya pegangan yang baik pada perangkat ini. Sedikit tonjolan modul quad-camera membuat smartphone goyang ketika diletakkan di permukaan yang datar.

Smartphone ini dilengkapi dengan port micro-USB, jack headphone, dan grill speaker, yang semuanya terletak di bagian bawah, sementara volume rocker dan tombol power masing-masing di sisi kiri dan kanan perangkat. Ada juga sensor sidik jari yang terletak di bagian belakang atas smartphone tepat di samping modul kamera.

Berbicara lebih banyak tentang tampilan smartphone, kita akan disajikan layar HD+ yang sama seperti pada realme 5 bersama dengan dewdrop notch dan dagu kecil di bagian bawah. Seperti realme 5 juga, realme 5S juga memiliki layar cerah yang berfungsi dengan baik untuk keperluan di bawah sinar matahari yang cerah.

Kamera yang kini diperkuat dengan resolusi 48MP

Pembeda utama antara realme 5s dan realme 5. Perpindahan realme ke sensor utama 48MP menjadikan realme 5s satu dari hanya sejumlah smartphone yang dibanderol dengan harga terjangkau yang menggunakan kamera seperti itu. Tidak seperti sebelumnya yang menggunakan sensor Sony, di realme 5s realme memilih sensor Samsung GM1 dengan aperture f/1.8 dan piksel 1,6 mikron. Smartphone ini mengusung teknologi binning 4-in-1 piksel. Saya melihat melalui aplikasi kamera dan melihat bahwa smartphone memberikan resolusi 12MP secara default pada kamera utama. Tetapi Anda bisa mendapatkan mode 48MP yang memungkinkan untuk mengambil foto dengan resolusi penuh.

Untuk kamera lain tidak berubah, jadi seperti realme 5, realme 5s memiliki kamera ultra-wide angle 8MP, kamera potret 2MP, dan kamera ultra-macro 2MP.

Lihat Juga

Ketika saya mengulas realme 5, ia adalah salah satu di antara beberapa smartphone yang memiliki kamera makro, tetapi segalanya telah berubah sekarang. Pesaing seperti Redmi Note 8 juga memilikinya, yang bisa jadi alasan realme untuk meningkatkan resolusi sensor utama. Terlepas dari kinerjanya dalam lingkungan cahaya rendah, saya mendapatkan kesimpulan bahwa kamera realme 5s yang dapat diterima untuk harganya.

Spesifikasi masih mumpuni

Untuk perangkat yang masuk ke golongan terjangkau, realme 5S menawarkan kinerja yang solid untuk harganya. Chipset Snapdragon 665 yang ditemukan pada realme 5 dipertahankan di 5s, memberikan hampir semua aspek yang berhubungan dengan kecepatan berjalan dengan baik. Kecuali untuk urusan gaming pada grafik tinggi dan frame rate tinggi, wajar. Tugas-tugas dasar seperti membuka banyak aplikasi di latar belakang dan beralih di antaranya sangat mudah, seperti menjalankan sejumlah permainan intensitas rendah seperti Subway Surfers dan Angry Birds.

Di Indonesia varian memori yang masuk hanya 4GB+128GB. Kebutuhan penyimpanan Anda dapat dipenuhi menggunakan slot yang dapat diperluas yang memberi ruang tambahan 256GB melalui kartu microSD.

Saat diuji dengan benchmark Antutu, realme 5s mampu meraih skor tertinggi mencapai 168512, sementara untuk PCMark 7721.

Baterai monster

Sesuatu yang perlu dikatakan tentang ponsel anggaran Realme tahun ini adalah usia baterai yang luar biasa yang ditawarkan perusahaan. Masih menggunakan sebutan PowerHero, realme 5s masih dibekali dengan baterai berkapasitas 5.000 mAh yang sama dengan realme 5, sebuah ukuran kapasitas yang sangat fenomenal. Dalam tes baterai saya, yang terdiri dari memutar video tunggal di loop dengan setengah tingkat kecerahan dan volume maks, smartphone bertahan selama lebih dari 28 jam.

Kesimpulan

realme menawarkan smartphone bernilai tinggi dengan realme 5s. Untuk perangkat entry-level, ia memiliki kamera utama 48MP beserta ketiga kamera lain, layar yang cukup besar, face unlock, dan masa pakai baterai yang luar biasa.

realme 5s dapat mengambil alih gelar realme 5 sebagai raja di kelasnya. Kedua perangkat memiliki harga yang hampir sama saat ini, tetapi realme 5s menaikkan beberapa aspek yang sebelumnya dimiliki realme 5. Agak sulit untuk mempercayai bahwa smartphone ini adalah perangkat entry-level. Jika berencana untuk memiliki smartphone terbaik di kelasnya, pertimbangkan realme 5s di antara opsi-opsi Anda.



Sumber: Viva.co.id
loading...