http://bacaberita.info/
HOME I NASIONAL I INTERNASIONAL I EKONOMI I OLAHRAGA I HIBURAN I IPTEK I INDEKS

Rogoh Kocek Lebih Dalam, Ini Biaya Kelas Hamil

Options
Jakarta, CNBC Indonesia- Saat ini banyak yang menganggap bahwa kelas bersalin atau hamil adalah hal penting. Tidaklah heran bila saat ini ada banyak kelas yang ditawarkan ibu hamil untuk mereka meminimalisir melahirkan melalui operasi caesar.

Kelas ibu hamil biasanya adalah kelompok belajar ibu-ibu hamil dengan umur kehamilan antara 4 minggu sampai dengan 36 minggu (menjelang persalinan). Tujuan kelas ibu hamil adalah meningkatkan pengetahuan, mengubah sikap dan perilaku ibu agar memahami tentang kehamilan.

Di kelas hamil, para ibu hamil juga harus menyadari perubahan tubuh dan keluhan selama kehamilan, perawatan kehamilan, persalinan, perawatan nifas, KB pasca persalinan, dan perawatan bayi baru lahir.


Kendati demikian, ada biaya yang tidak sedikit untuk para ibu hamil keluarkan.

Seperti misalnyanya yang ditawarkan Nujuh Bulan Studio yang menawarkan Introductory Workshop Prenatal Yoga (INTRO).

Kelas pengenalan Prenatal Yoga yang mencakup teori dasar Prenatal Yoga; 5 gerakan inti Prenatal Yoga; teknik pernapasan, relaksasi, meditasi serta komunikasi dengan janin. Kelas berisi teori selama 60 menit dan praktek yoga selama 60 menit. Prenatal Yoga dapat diikuti sejak awal kehamilan (3 bulan kandungan) sampai kelahiran dan dibanderol biaya Rp 250 ribu.

Tidak hanya itu, ada pula Couples Yoga for Birth (CYB) yakni kelas yoga untuk persalinan yang dilakukan Bunda dan Ayah. Kelas ini bertujuan memperkuat ikatan batin antara Bunda, Ayah, beserta Bayi yang berada dalam kandungan. Bunda wajib mengikuti kelas INTRO terlebih dahulu sebelum mengikuti Couples Yoga. Untuk ikut kelas ini akan dikenakan biaya Rp 250 ribu /pasangan.

Kelas untuk Bunda & Ayah yang meliputi persiapan lahir batin, persiapan fisik-mental-spiritual beserta filosofi Gentle Birth agar persalinan berjalan aman, lancar dan bahagia juga dihadirkan. Kelas berlangsung selama 2 hari itu khusus untuk ibu hamil dengan usia kehamilan sejak usia 6 bulan ke atas. Kelas yang dinamai Childbirth Education Class (CBE) dikenakan Rp 1,8 juta/ pasangan.

Para orang tua juga bisa mencoba kelas Breastfeeding & Newborn Care (BF) untuk membahas pentingnya ASI dan menyusui, teknik memerah dan menyimpan ASI, cara gendong dan sendawa bayi, cara memandikan dan pijat bayi. Kelas berlangsung selama 2 hari, berkolaborasi dengan konselor laktasi dan Bidan. Ibu hamil bisa mengikuti kelas ini sejak usia 6 bulan kandungan keatas dengan biaya 1,2 juta /pasangan.

Sementara tak hanya Nujuh Bulan Studio saja, Pro V Clinic juga melayani secara holistic dan individual untuk para ibu hamil. Untuk yoga Anda akan dikenakan biaya Rp 150 ribu perkunjungan.


Sedangkan untuk biaya Hypnobirthing yang private dikenakan Rp 2.025.000 untuk 2x pertemuan (weekday) dalam waktu 2 jam.

Untuk kelas grup Hypnobirthing jauh akan lebih murah yakni untuk grup atau  weekend class. Untuk harga harga normal Rp 1,8 juta dan early Rp bird 1,5 juta selama 2 hari (10.00-13.30).

Untuk grup Childbirth education Hypnobirthing dikenakan Rp 2 juta. Sedangkan early bird Rp 1,7 juta untuk 1 hari (8.30-17.00).

Namun lagi-lagi mengikuti kelas hamil atau tidak kembali lagi pada kebutuhan Anda. Ini adalah alternatif untuk membantu Anda dalam melakukan persiapan selama kehamilan sampai proses persalinan.

Agar proses melahirkan lancar, sebaiknya dan persiapkan semuanya, seperti dana persalinam, rumah sakit, pilihan dokter, dan peralatan pribadi sebagai alat pendukung.

[Gambas:Video CNBC]

(dob/dob)



Sumber: CNBCIndonesia.com
loading...