http://bacaberita.info/
HOME I NASIONAL I INTERNASIONAL I EKONOMI I OLAHRAGA I HIBURAN I IPTEK I INDEKS

Skuter Listrik Ini Dijual Rp13 Jutaan, Cocok Buat Ojek Online

Options

VIVA – Produsen kendaraan listrik asal India, Li-ions Elektrik Solutions atau LES, resmi mengenalkan skuter niaga bertenaga listrik dengan nama Spock Electric. Motor berukuran mungil itu sudah mulai dijual dengan harga Rp13,4 juta.

Nantinya, skuter itu bisa digunakan ojek online atau jasa antar barang untuk mengangkut benda bawaan. Sebab, selain menyediakan ruang bagasi di bawah jok, LES juga memasang boks ukuran besar di bagian ekor kendaraan.

Meski berukuran kecil, Spock Electric memiliki ketahanan baterai mengesankan. Berbekal 2,9 kWh lithium-ion, motor itu bisa melaju sejauh 130 kilometer hanya dengan sekali cas. Jarak tersebut, jika dikomparasikan ke dalam satuan jarak, maka setara dengan perjalanan Jakarta ke Bandung.

Iritnya konsumsi baterai, ternyata disebabkan oleh komposisi mesin yang terbilang kecil. Menurut laman Autocar India, dikutip Sabtu 6 Juli 2019, Spock Electric hanya mampu mencapai laju maksimal di kecepatan 45 kilometer per jam.

Namun, kecepatan itu bisa sedikit ditingkatkan, jika pengendara menggunakan mode power. Hanya saja, konsumsi baterainya menjadi lebih besar.

Lihat Juga

Soal fitur, Spock Electric mengusung beberapa teknologi berbasis digital, seperti navigasi GPS, soket cas ponsel, panel instrumen, dan juga alarm antimaling.

Direktur Utama LES, Gurvinder Singh berharap, hadirnya motor listrik niaga itu bisa memicu perusahaan lain untuk menelurkan produk serupa. Sebab, saat ini beberapa negara sedang mengalami krisis udara bersih. Penggunaan kendaraan tanpa emisi pasti bisa menekan hal tersebut.

“Kami terus berupaya menghadirkan sepada motor yang berpengaruh baik bagi lingkungan. Dengan peluncuran Spock Electric, kami ingin menyebarkan semangat baik kepada semua kalangan untuk lebih peduli lagi terhadap lingkungan,” kata dia.

Saat ini, skuter bertampang futuristis itu sudah bisa dipesan di beberapa diler resmi LES di India. Melihat fungsinya, tak menutup kemungkinan Spock Electric akan ditawarkan juga ke konsumen lain di pasar global. [mus]



Sumber: Viva.co.id
loading...