http://bacaberita.info/
HOME I NASIONAL I INTERNASIONAL I EKONOMI I OLAHRAGA I HIBURAN I IPTEK I INDEKS

‘Sukabumi Fashion and Culinary Nite Festival’ Gaungkan Produk UMKM

Options

SUKABUMI – Pemerintah Kabupaten Sukabumi menyelenggarakan festival bertajuk ‘Sukabumi Fashion and Culinary Nite Festival’. Festival yang mengusung produk makanan dan fashion Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) itu pertama kali digelar di Kabupaten Sukabumi.

Pembukaan Sukabumi Fashion and Culinary Nite Festival diselenggarakan di Komplek GOR Cisaat, Kecamatan Cisaat, Kabupaten Sukabumi, Jumat (7/12/2018) malam. Pembukaan diisi sejumlah pertunjukan seni tradisional, serta fashion show produk batik khas Sukabumi.

Kepala Dinas Perdagangan Koperasi Usaha Kecil dan Mikro (DPKUKM) Kabupaten Sukabumi, Asep Jafar, mengatakan penyelenggaraan festival tersebut adalah momen bersejarah. Salah satu upaya awal untuk menggaungkan produk UMKM.

“Mudah-mudahan harapan kita bisa terealisasi. Festival ini akan diagendakan setiap tahun,” ujar Asep Djafar kepada awak media usai seremoni pembukaan.

Festival ini akan digelar hingga Minggu 9 Desember mendatang dan dibuka pukul 10.00 WIB hingga 21.00 WIB. Sebagai permulaan, panitia membatasi jumlah UMKM yang diikutsertakan yakni hanya 20 stand saja.

Melalui festival tersebut, pemerintah daerah juga membantu pemasaran berbagai macam produk batik khas Sukabumi. Seperti batik penyu dan ikan koi, naga loji, pancasona, teluh jampang, serta beberapa corak batik lainnya.

“Dalam festival juga ada pertunjukan kesenian, sebagai daya tarik bagi pengunjung,”imbuhnya.

Sementara itu, Bupati Sukabumi, Marwan Hamami berharap event festival dapat memfasilitasi pertumbuhan UMKM. Juga menarik partisipasi dari perusahaan-perusahaan besar agar mau membantu pengembangan UMKM.

Marwan menegaskan, Kabupaten Sukabumi punya banyak potensi UMKM yang masih bisa dikembangkan. Potensi tersebut tersebar di 47 kecamatan.

“Jadi kedepannya tidak lagi dibiayai APBD, tapi dari mitra pemerintah atau CSR perusahaan. Mudah-mudahan bisa memberikan dampak positif bagi masyarakat,” tuturnya. (sule/mb)



Sumber: Poskotanews.com
loading...