http://bacaberita.info/
HOME I NASIONAL I INTERNASIONAL I EKONOMI I OLAHRAGA I HIBURAN I IPTEK I INDEKS

Susul Xiaomi dan Samsung, Intel Jadi Pembuat Ponsel Lipat

Options

VIVA – Dua ribu sembilan belas menjadi tahun penting bagi sejumlah produsen smartphone untuk menyiapkan perangkat terbaru mereka, yaitu ponsel lipat. Adalah Intel yang akhirnya tertarik untuk memproduksi gadget atau gawai tekuk tersebut.

Dilansir dari situs T3, Senin, 4 Februari 2019, Intel akan memiliki ponsel dengan tiga layar dengan sokongan Stylus yang bisa dilihat. Paten ponsel lipat Intel sudah tersebar di dunia maya, yang di antaranya akan ada model layar tablet, yang saat dilipat berbentuk ponsel seukuran saku.

"Ide ini munculnya agar pengguna bisa bekerja di mana saja dan dibawa di dalam saku atau tas," demikian keterangan resmi Intel. Nantinya, layar ponsel lipat Intel memiliki bezel tipis dan tersedia sejumlah sensor serta kamera yang tersembunyi di balik layar. Selain itu, ponsel lipat ini akan menjalankan sistem Windows.

Bulan ini banyak produsen smartphone yang diprediksi memperkenalkan ponsel lipatnya di acara Mobile World Congress (MWC) 2019 di Barcelona, Spanyol, pada 25-28 Februari mendatang. Kemungkinan besar Intel akan memanfaatkan panggung pamer perangkat elektronik itu untuk memperlihatkan produk terbaru mereka.

Selain Intel, Samsung sudah lebih dahulu memberikan banyak informasi mengenai ponsel lipat. Dari bocoran terakhir, Galaxy Fold memiliki layar yang lebih luas dan bezel lebih tipis. Layar luarnya masih menyala saat smartphone itu dalam keadaan terbuka. Bagian luarnya juga jauh lebih lebar.

Lihat Juga

Kemudian, ada Motorola yang juga berencana membuat ponsel lipat sendiri. Motorola Razr akan berkonsep flip dengan layar penuh yang dapat dilipat saat sedang dibuka.

Adapun LG diketahui sudah membuat paten untuk ponsel lipat. Dalam dokumen internalnya, terdapat nama seperti Flex, Foldi, dan Duplex. Tak ketinggalan Apple sudah memasukkan paten untuk inovasinya ini.

Dengan nama paten "Perangkat Elektronik dengan Layar Fleksibel" dikabarkan bahwa ponsel tersebut baru akan rilis pada 2020. Huawei, lewat CEO Richard Yu, mengonfirmasi kehadiran ponsel lipat dengan konsep perangkat seperti buku yang sedang dibuka.

Lalu, Xiaomi yang mengungkap detail dua lipatan pada ponselnya. Kedua sisi ponsel bisa dilipat ke bagian belakang. Jika itu dilakukan, ponsel akan berubah dari tablet ke ponsel ukuran biasa. (ann)



Sumber: Viva.co.id
loading...